Ilustrasi (Foto: iStockphoto)

Laporan : Vini

Hemoglobin (Hb) punya peranan penting dalam tubuh manusia. Rendahnya kadar Hb dalam darah dapat menyebabkan gangguan kesehatan, termasuk anemia. Untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain dengan pengobatan, cara lainnya yaitu mengonsumsi makanan untuk meningkatkan Hb dengan cepat.

Asupan makanan penambah Hb tidak sebatas kaya zat besi, melainkan harus dilengkapi asam folat (vitamin B9), vitamin B12, dan vitamin C.

Baca Juga:  Makanan Penyebab Perut Buncit, Berbahaya Buat Lingkar Pinggang

Semua nutrisi makanan tersebut berperan penting untuk memberi suplai protein pada sel darah merah, sehingga membantu menambah kadar hemoglobin.

Melansir dari laman Healthline, di bawah ini terdapat makanan yang bisa bantu meningkatkan kadar Hb darah dengan cepat.

1. Buah sitrus
Buah sitrus seperti jeruk bali, lemon, jeruk nipis, memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi termasuk flavonoid. Selain antioksidan, jeruk menyediakan asam folat tinggi sebagai penambah darah. Asam folat tersebut berperan dalam membentuk jaringan sel darah merah baru.

Baca Juga:  Diskusi Ekonomi Kadin-JMSI; Produktifitas Harus Dipacu

Mengonsumsi jeruk maksimal 1-2 buah per hari secara rutin, dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan mencegah risiko stroke.(Sumber: cnnindonesia.com)

1
2
3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini