Laporan : Vini

Stroke pendarahan otak adalah salah satu masalah kesehatan yang berpotensi fatal apabila tidak segera ditangani. Untuk itu, setiap orang perlu mewaspadai gejala stroke pendarahan otak atau stroke hemoragik. Dilansir dari Cedars-Sinai, penyakit ini bisa berbahaya karena dapat memutus aliran darah kaya oksigen dan nutrisi penting ke otak. Akibatnya, otak bisa rusak dan kinerja bagian tubuh yang dikendalikan organ vital ini terganggu.

Dilansir dari Stroke Association, gejala stroke pendarahan otak paling umum yakni sakit kepala parah yang muncul secara tiba-tiba, nyerinya tidak seperti sakit kepala biasa. Beberapa penderita melaporkan rasa sakitnya seperti saat kepala dipukul dengan kencang. Selain sakit kepala parah, penderita biasanya juga mendapati bagian belakang leher atau tengkuk terasa kaku dan kencang, sakit kepala parah dan mendadak juga kerap disertai rasa mual hebat dan terkadang muntah-muntah.

Serangan stroke bisa menyebabkan separuh bagian wajah, lengan, dan kaki terkulai. Susah bicara dan tidak paham apa yang dikatakan orang lain. Dilansir dari WebMD, penderita stroke juga mendadak kehilangan kemampuan bicara, bicara jadi pelo, mengeluarkan kata-kata tidak jelas, serta susah memahami pembicaraan orang lain. ##

sumber: health.kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini