Ilustrasi: Net

Laporan: Vira

Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang penting dilakukan. Jantung adalah organ utama sistem peredaran darah. Letaknya tepat di belakang dan sedikit ke kiri di balik tulang dada.

Tugas utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh, mengontrol detak jantung, dan mempertahankan tekanan darah yang normal. Oleh sebab itu, kesehatan jantung perlu dijaga, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung.

Konsumsi makanan sehat dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner, menghentikan kenaikan berat badan, serta mengurangi risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Makanan sehat untuk jantung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL/low-density lipoprotein) dan trigliserida dalam darah, serta membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL/high-density lipoprotein).

Berdasarkan National Cholesterol Education Program (NCEP) Amerika Serikat, ketika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk di dinding arteri. Seiring waktu, penumpukan menyebabkan pengerasan pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah menjadi sempit dan aliran darah ke jantung melambat atau tersumbat.

Baca Juga:  Ada Arus Gelombang Perpindahan Pemimpin

Kadar kolesterol sangat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari serta gaya hidup. Makanan yang banyak mengandung garam, gula, dan lemak tidak sehat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, gaya hidup seperti tidak berolahraga, kelebihan berat badan, merokok dan minum alkohol juga berpengaruh pada kesehatan jantung.

Mencegah kadar kolesterol tinggi dapat dimulai dengan perbaikan pola makan dan gaya hidup. Mulai konsumsi makanan dan minuman sehat sejak dini dapat membantu kesehatan jantung. Sebagai rekomendasi, simak daftar makanan sehat untuk jantung berikut ini.

Makanan Sehat untuk Jantung >>

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini