Laporan : Nara J Afkar 

BANDAR LAMPUNG – Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas akibat tabrak belakang, di ruas Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter), PT Hutama Karya (Persero) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Ruas Bakter, bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas PJR Polda Lampung serta dibantu oleh Satuan Marinir Brigade Infanteri IV/BS melakukan operasi simpatik.

Operasi yang dimaksud yakni pemasangan stiker reflektif pada kendaraan pengguna jalan yang belum terpasang stiker sesuai peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat nomor KP.3996/AJ.502/DRJD/2019. Tentang pedoman Teknis Alat Pemantul Cahaya, pada kendaraan bermotor, kereta gandengan dan kereta tempelan.

Branch Manager HK Ruas Tol Bakter, Hanung.H., dalam siaran persnya mengatakan bahwa kegiatan itu dilaksanakan sejak tanggal 8-10 September 2022, dengan rincian titik operasi sebagai berikut: pada tanggal 08 September 2022, operasi dilakukan di gerbang tol Natar, dimulai pukul 23.00 – 02.00 wib. Jumlah kendaraan yang dipasang stiker Reflektif sebanyak 8 kendaraan.

Selanjutnya, pada tanggal 09 September 2022, kegiatan serupa di laksanakan di Gerbang tol Itera Kotabaru, dimulai sejak pukul 23.00-02.00 wib, jumlah kendaraan yang dipasang stiker Reflektif sebanyak 7 kendaraan.

Terakhir, pada tanggal 10 September 2022, dilaksanakan di Gerbang Tol Lematang dari pukul 23.00 sampai dengan 03.00 WIB. Jumlah kendaraan yang dipasang stiker reflektif sebanyak 8 kendaraan.

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindak turun tangan Hutama Karya menyikapi sering terjadinya kecelakaan lalu lintas di Ruas Tol Bakter, dan diharapkan agar kendaraan-kendaraan yang sudah terpasang stiker reflektif tersebut, dapat terlihat oleh pengguna jalan yang lain ketika melintas,”kata Hanung.

Masih dikatakan Hanung, kegiatan tersebut, sedianya akan dilakukan secara rutin harian di lokasi gerbang tol secara bergantian dengan harapan dapat menekan serta menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan.

“Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata
tertib yang berlaku di jalan tol, berkendara mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan, mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, serta selalu SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu. Selamat berkendara, Salam Setuju, Selamat Sampai Tujuan,”tandasnya.##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini