Laporan: Nara Afkar
MESUJI-Musibah Banjir ROB yang sering terjadi di Kecamatan Rawa Jitu Utara, seperti yang baru-baru ini melanda Desa Panggung Rejo, ternyata disebabkan oleh hilangnya tanggul penahan air pasang-surut akibat termakan badan jalan. Hal itu diungkapkan Camat Rawa Jitu Utara Samijo.AMd., kala mendampingi utusan Penjabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar.MM., yakni dari Dinas Sosial dan BPBD setempat memberikan bantuan kepada warga desa panggung Rejo yang terdampak banjir rob, Minggu(19/06) kemarin.

Sebelumnya Samijo mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan dan respon cepat dari Pemkab Mesuji. Menurut Samijo, meskipun pemberian bantuan tersebut tidak tercover semua warga yang terdampak banjir rob, akan tetapi diharapkan dapat sedikit meringankan beban masyarakat. “Tentunya kita sangat berterimakasih sekali atas respon cepatnya Pemkab Mesuji atas pemberian bantuan korban terdampak banjir rob,” ungkapnya.

Selain itu, Samijo juga menyarankan untuk mengantisipasi musibah banjir rob berkepanjangan di Desa Panggung Rejo, Kecamatan Rawa Jitu Utara agar dapat dibangun tanggul disekitar aliran sekunder tersebut.

“Mengingat, dipinggir aliran sekunder tak terdapat tanggul atau habis termakan jalan umum. Saya juga menyarankan kepada warga kalau bisa rumahnya dibangun lebih tinggi dari tanah setengah meter, kalau perlu dibuatkan perdesnya mengenai pembangunan pondasi rumah wajib setengah meter insyaallah aman,” jelasnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa (Kades) Panggung Rejo Ropiah, juga mengucapkan terimakasih Kepada Pj Bupati Mesuji Sulpakar atas respon cepat hingga terlaksananya proses bantuan tersebut. Sebab dua tahun yang lalu ia mangaku pernah membuat permohonan untuk perbaikan jalan sepanjang 3600 meter di Desa Panggung Rejo, namun hingga kini belum juga terwujud.

“Ini jalan satu-satunya, jadi pas hujan lebat dan banjir itu warga di sini tidak bisa ke mana-mana karena tidak bisa dilalui karena tergenang air. Saya sudah pernah membuat permohonan untuk perbaikan jalan dan pembuatan tanggul, namun hingga kini belum ada realisasinya,” ujarnya.

Ia juga berharap ke depannya mudah-mudahan dapat dibuat tanggul untuk mengantisipasi banjir rob yang melanda setiap tahunnya. “Seperti yang disampaikan oleh bapak Camat memang aliran sekunder ini tidak ada tanggul karena habis oleh badan jalan, saya berharap kepada pak PJ Bupati supaya dapat memerintahkan dinas terkait agar segera turun kesini membuat tanggul agar tidak terjadi banjir Rob lagi kedepannya,” ungkapnya.

Sementara itu, warga sekitar yang terdampak banjir rob bernama Yanti mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Bupati Mesuji. “Banjir yang melanda diwilayah kami ini sudah 4 hari berlangsung, dan alhamdulillah sekarang sudah mulai surut. Untuk bantuan yang diberikan ini kami sangat berterimakasih kepada bapak Bupati Mesuji,” pungkasnya.##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini