Laporan : Nara J Afkar 

MESUJI – Jajaran Puskesmas Sumber Makmur Kecamatan Mesuji (Mesuji Atas) Kabupaten Mesuji melakukan kegiatan monitoring dan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM), tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis) terhadap masyarakat di wilayah kerjanya.

Kepala Puskesmas Sumber Makmur Kusno Sujarwo mengatakan, Pos Binaan Terpadu (Posbindu) melakukan deteksi dini penyakit tidak menular, pemeriksaan IVA dan Sadanis di laksanakan di lima Desa yaitu Desa Tirtalaga, Desa Tanjung Serayan, Desa Sumber Makmur, Desa Mulya Sari dan Desa Sukamaju.

Baca Juga:  JMSI-Bank Artha Graha Tandatangani MOU Kerjasama

Kegiatan monitoring, kata Kusno Sujarwo, bertujuan untuk mendeteksi dini dan pencegahan penyakit kanker payudara dan kanker leher rahim yang saat ini merupakan penyakit penyebab kematian nomor satu bagi perempuan dan kejadiannya mulai mengalami peningkatan di Indonesia.

“Oleh sebab itu, sangat penting bagi masyarakat untuk datang ke Posbindu bagi kaum perempuan untuk melakukan pemeriksaan IVA dan Sadanis,” kata Kusno Sujarwo, Kamis (15/09/2022).

Baca Juga:  Satlantas Polres Mesuji, Kenalkan Polsana Kepada Anak-Anak PAUD Dan SD

Dijelaskanya, untuk melaksanakan upaya pencegahan dan penanggulangan kanker leher rahim dan payudara tersebut harus dilaksanakan secara komprehensif, agar setiap perempuan dan remaja perempuan dapat terlindungi dari penyakit kanker.

“Pencegahan dan penanggulangan kanker leher rahim dan kanker payudara ini dilaksanakan secara bersama – sama oleh pihak tenaga kesehatan di setiap puskesmas di wilayah Kabupaten Mesuji,” paparnya.##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini