Laporan : Heri Suroyo

JAKARTA – Parlemen Modern menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk media yang tergabung dalam Koordinatorat Wartawan Parlemen, demi terciptanya transparansi kinerja setiap Anggota DPR RI disetiap rapat-rapat di komisi.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Setjen) DPR RI, Indra Iskandar saat memberikan sambutan diacara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI dengan tema ‘Perkuat Kolaborasi Media dan Parlemen, Wujudkan Parlemen Modern’ Di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (5/8).

Menurutnya Koordinator Wartawan Parlemen mampu memberikan informasi langkah dan tujuan dari Kesekretariatan Jenderal (Kesetjenan) DPR RI. Sebab untuk menciptakan Parlemen Modern menjadi tanggung jawab bersama.

“Kita tahu bahwa Anggota DPR RI menjabat selama 5 tahun berganti. Ada yang terpilih lagi, bisa juga tidak (terpilih), sehingga ini juga menjadi tanggung jawab kita,”jelas Indra.

Parlemen Modern, Sekjan DPR Indra Iskandar memaparkan, langkah ini meliliki target dan tujuan yang jelas, yaitu mengetahui kinerja setiap anggota Dewan dalam bekerja menjalankan amanat konstitusi dan mengemban aspirasi rakyat.

“Untuk meraih itu, tentunya diperlukan beberapa indikator demi memajukan parlemen modern. Pertama transparansi, transparansi yang dimaksud yaitu agar media mudah dalam mengemban tugas sebagai, Selanjutnya, Teknologi informasi, maksudnya untuk membuka akses bagi masyarakat, dan yang terakhir fungsi reprentasi,” katanya.

Indra berharap pada jurnalis (Koordinatoriat Wartawan Parlemen), dapat membantu mewujudkannya, mengingat media dapat menjembatani langkah dan tujuan dari Parlemen Modern. Kita tahu hampir sebagian besar masyarakat tidak mengetahui anggota atau wakil mereka yang berasal dari dapilnya,” pungkasnya. ##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini