Laporan : Vina

LAMPUNG TENGAH– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan Pura Catur Parhyangan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Lampung di Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (6/1/2023). Pura ini diharapkan menjadi salah satu potensi Wisata Rohani Umat Hindu di Provinsi Lampung.

“Saya menyambut baik umat Hindu MGPSSR yang telah membangun tempat ibadah yang peresmiannya diselenggarakan pada hari yang baik ini,” ujar Arinal.

Pada kesempatan itu, Arinal mengajak umat Hindu untuk terus menjalin sinergitas di dalam membangun Lampung melalui ekonomi kerakyatan salah satunya ikut mendukung program unggulan Kartu Petani Berjaya (KPB). “Mari bersama kita sukseskan program ini agar ekonomi Lampung bangkit,” katanya.

Ia juga meminta dukungan karena di tahun 2023 ini Pemerintah Provinsi Lampung akan melaksanakan pembangunan di beberapa ruas jalan Kabupaten Lampung Tengah yang menjadi kewenangan Provinsi.

Ruas ini juga termasuk akses jalan yang berada di sekitar pura. Ruas tersebut yaitu Ruas Kota Gajah – Simpang Randu, Ruas Simpang Randu – Seputih Surabaya, Ruas Seputih Surabaya – Sadewa dan Ruas Bandar Jaya – Mandala.

“Menurut informasi sudah berpuluh tahun jalan tersebut rusak, namun Alhamdulillah di tahun 2023 akan segera dibangun,” katanya.

Menurutnya, beberapa ruas tersebut merupakan jalan yang diprioritaskan untuk dilakukan pembangunannya karena selain untuk kelancaran sarana transportasi, juga memiliki potensi yang memberikan efek domino pada peningkatan perekonomian.

“Jalan-jalan ini menjadi prioritas untuk menumbuhkan ekonomi,” ujarnya.

Baca Juga:  Kapolri Gelorakan Semangat Persatuan-Kesatuan Saat Tutup Porseni NU

Arinal mengajak umat Hindu untuk terus menjaga situasi Lampung agar tetap aman, sejuk dan kondusif terutama memasuki tahun politik.

“Keluarga besar umat Hindu harus ikut menjaga situasi Lampung tetap kondusif. Mari kita bersatu padu, jadikan Lampung yang nomor satu,” katanya.

Hadir dalam acara itu anggota DPR RI I Komang Koheri dan Hanan A. Rozak, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad serta Ketua Umum MGPSSR I Wayan Wita.

Kemudian, Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Lampung I Nyoman Setiawan dan Ketua MGPSSR Provinsi Lampung I Made Bagiasa.

Sementara itu, Ketua Umum MGPSSR I Wayan Wita meminta umat Hindu di Provinsi Lampung untuk ikut serta bersama Gubernur menjadikan Lampung semakin berjaya.

“Meski berbagai macam suku dan agama, tetapi sebagai warga Lampung kita satu saudara, mari kita doakan Lampung Berjaya,” ujar Wayan.

Wayan mengapresiasi sinergitas yang dibangun antara umat hindu dengan pemerintah didalam pembangunan Pura Catur Parhyangan MGPSSR Provinsi Lampung tersebut.

“Hari ini sangat istimewa, pura ini sangat berseni artistik. Ini berkat kerjasama juga yang dibangun dengan pemerintah,” katanya.

Hal senada disampaikan Ketua MGPSSR Provinsi Lampung I Made Bagiasa yang menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan Bupati yang memberikan dukungan sehingga pembangunan pura berjalan dan selesai dengan baik.

“Pura ini akan menjadi tujuan wisata rohani. Kami menyampaikan terima kasih semoga Lampung akan terus semakin berjaya,” katanya.##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini