Laporan : Vini

Lotus root powder ramai dibicarakan di media sosial belakangan ini. Tidak sedikit warganet yang mempertanyakan kehalalannya. Lotus root powder sendiri merupakan bubuk akar teratai. Di Indonesia, produknya banyak dijual di marketplace dalam bentuk kalengan.

Beberapa video di TikTok menampilkan cara menyeduh bubuk akar teratai yang mudah. Cita rasanya disebut sedikit manis.

Namun demikian, apakah bubuk akar teratai halal?

Baca Juga:  Kabid Propam Polda Lampung pimpin Sidang Kode Etik Aipda Rudi

Corporate Secretary Manager of LPPOM MUI Raafqi Ranasasmita, M.Biomed menjawab seputar kehalalan bubuk akar teratai. Menurutnya, bubuk akar teratai dapat dikatakan halal karena berasal dari tumbuhan. Pengolahannya pun umumnya tidak menggunakan bahan tambahan.

“Pengolahan menjadi bubuk umumnya hanya melalui pengeringan dan kemudian dihancurkan hingga menjadi bubuk atau tepung,” kata Raafqi.

“Artinya, bubuk akar teratai tidak memiliki titik kritis sehingga halal digunakan selama dalam penggunaannya tidak terkontaminasi atau dicampurkan dengan bahan-bahan yang haram atau najis,” jawabnya secara tertulis saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/9). Sumber : kompas.com

Baca Juga:  Teguh Santosa: Solusi 2 Negara Paling Pas,Tapi Masih Banyak Pekerjaan Rumah

Bubuk akar teratai yang diekstraksi lain hal bila bubuk akar teratai mengalami proses ekstraksi. Menurut Raafqi, beberapa pelarut bisa dikategorikan sebagai bahan ekstraksi kritis.

Sumber : kompas.com

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini