Ilustrasi: Net

Laporan: Vira

Saran utama untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari menurut ahli dematologi adalah tabir surya sebagai pertahanan utama. Namun tabir surya dan topi bukan satu-satunya cara untuk mengurangi dampak sinar matahari.

Menurut ahli diet Amy Saphiro, nutrisi juga memainkan peran penting dalam membantu mendukung kulit Anda dari dalam ke luar. Dia juga membagikan rekomendasi diet sehat untuk meningkatkan perlindungan dan vitalitas kulit.

Makanan untuk melindungi paparan sinar matahari

1. Makan makanan yang kaya akan beta karoten dan likopen

Karoten dan likopen adalah dua antioksidan kuat yang berlimpah di berbagai buah dan sayuran—terutama yang berwarna oranye, merah, atau merah muda. Pikirkan tomat, semangka, wortel, paprika merah dan kuning.

Penelitian menunjukkan bahwa karotenoid makanan yang didistribusikan ke kulit mungkin memiliki kualitas fotoprotektif, dan beta karoten dapat memberikan perlindungan matahari alami setelah 10 minggu suplementasi/konsumsi teratur.

Baca Juga:  Jaga Kondisi Kesehatan Petugas Pleno PPK, Si Dokkes Polres Mesuji Berikan Yankes Saat Sidang Pleno

“Saya merekomendasikan menikmati salad besar berwarna-warni dan banyak sayuran tetapi suplemen juga berfungsi,” ujar Saphiro seperti dilansir dari laman Mind Body Green.

2. Minum air

Hidrasi adalah kunci untuk menjaga kesehatan kulit kita, terutama di bulan-bulan musim panas ketika cuaca bisa panas dan kering. Trik mudah untuk menentukan apakah Anda terhidrasi: Cukup lihat warna urin Anda.

Seharusnya hampir jelas. Jika sudah benar-benar kuning, ambil sedikit air. “Agar tetap terhidrasi, saya merekomendasikan setidaknya delapan gelas air sepanjang hari—dan jika cuaca benar-benar panas, pastikan Anda juga mendapatkan elektrolit,” tambahnya.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini