Ilustrasi/Net

Laporan : Vini

Tidak perlu menghabiskan budget banyak untuk mewarnai rambut Anda. Mengubah warna rambut kini bisa dilakukan sendiri dengan mudah di rumah. Selain lebih hemat, peralatan semir pun kini mudah didapat untuk mempermudah proses pewarnaan rambut.

Dikutip dari cnnindonesia.com, berikut cara mewarnai rambut sendiri di rumah.

1. Jangan keramas dua hari sebelum cat rambut

Penata rambut ternama, Kiyah Wright, menyarankan untuk tidak keramas dua hari sebelum mewarnai rambut demi menjaga minyak alami kulit. Minyak alami tersebut berfungsi melindungi kepala dari iritasi akibat amonia dalam zat pewarna rambut.

2. Jangan percaya warna rambut yang muncul dalam kemasan

Mengutip Allure, pewarna rambut Dana Ionato dari salon Sally Hershberger Downtown di New York City menyarankan untuk tidak percaya dengan foto model yang ada di kemasan cat rambut. Menurutnya, warna rambut setelah dicat akan selalu lebih terang dibandingkan foto rambut model yang ada di kemasan.

Baca Juga:  Masyarakat Makin Melek Politik, Elektabilitas Ketum Golkar Airlangga Bakal Terus Naik

3. Gunakan dua kotak cat rambut

Jika rambut Anda melewati bahu dan memiliki tekstur yang kasar, gunakan dua kotak dengan warna yang sama untuk memastikan seluruh rambut terwarnai dengan sempurna.

Pastikan untuk mencampur pewarna dalam gelas atau mangkuk plastik dan hindari penggunaan wadah berbahan dasar logam karena akan akan mengoksidasi pewarna dan menyebabkan perubahan warna.

4. Lakukan patch test

Tahapan ini dilakukan untuk mengetahui apakah cat rambut yang akan digunakan cocok dengan kulit atau tidak. Tujuannya agar mengurangi risiko alergi hingga iritasi pada kulit setelah pemakaian.

Caranya, cukup dengan mengoleskan sedikit cat rambut ke area belakang telinga Anda dengan menggunakan cotton bud kemudian diamkan selama kurang lebih 48 jam.

Jika muncul tanda-tanda alergi pada kulit, segera bilas dengan air bersih. Jangan gunakan cat rambut tersebut. Namun, jika dirasa baik-baik saja tanpa keluhan, Anda bisa melanjutkan ke tahap pewarnaan rambut.##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini