Masyarakat Mesuji Antusias Ikuti Rangkaian HUT RI Ke 78

Selasa, 22 Agustus 2023 - 20:03 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Laporan : Nara J Afkar 

MESUJI – Pemerintah Kabupaten Mesuji menggelar beberapa kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 78 Tahun 2023. Kegiatan tersebut di gelar di beberapa lokasi tempat dan kecamatan di Kabupaten setempat.

Kegiatan Perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke 78 di awali dengan Kegiatan Lomba Memasak Nasi Goreng yang di ikuti oleh asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag dan Camat Sekabupaten Mesuji di Lantai Satu Komplek Perkantoran Pemkab Mesuji, jumat (11/08/2023).

Tampak para pendukung masing masing OPD dan masyarakat Memadati area perlombaan untuk menyaksikan secara langsung Peserta Lomba Nasi Goreng yang di ikuti oleh Pejabat di Pemkab Mesuji tersebut, dewan juri berkeliling mendatangi satu-persatu peserta dan menanyakan langsung konsep nasi goreng hasil olahan para pejabat yang mengikuti kegiatan tersebut dan dengan serius menilai hasil olahan nasi goreng yang mereka buat.

Dari Penilaian yang telah di lakukan oleh dewan juri di hasilkan para pemenang sebagai berikut Juara Lomba Memasak Nasi Goreng Dalam Rangka HUT RI Ke 78 Tahun 2023, Juara Favorit Dinas Pendidikan Kabupaten Mesuji, Juara Terkreatif Kecamatan Way Serdang, Juara Harapan 3 Bagian Tapem, Harapan 2 Dinas Perikanan, Juara Harapan 1 Bapelitbangda dan
Juara 3 Dinas Lingkungan Hidup, Juara 2 BPKAD Juara 1 Dinas Perkim.

Kemudian rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-78 di lanjutkan dengan pelaksanan kegiatan pawai budaya yang di pusatkan di alun-alun Simpang Pematang, ribuan masyarakat tampak memadati lokasi pawai budaya di sepanjang jalan simpang pematang, mulai dari anak anak sekolah TK sampai dengan tingkat SMA dan SMK serta perguruan tinggi yang ada di Mesuji. Selain itu juga tampak beberapa organisasi masyarakat serta perguruan pencak silat dan kesenian turut memeriahkan kegiatan pawai budaya tersebut, selasa (15/08/2023).

Gelaran pawai budaya ini rutin di laksanakan Pemkab Mesuji setiap tahunnya guna memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan Lokasi Pelaksanaannya berpindah tempat, pelaksanaan Pawai Budaya ini di koordinir oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Mesuji.

Baca Juga:  Polres Tulang Bawang Gelar Pelayanan Kesehatan Keliling ke Polsek Menggala 

Dalam pelaksanaan kegiatan ini dewan juri memutuskan pemenang, peserta Pawai Budaya dari beberapa kategori yang telah di tentukan antara lain Kategori Umum atau Kecamatan di raih pemenang juara pertama Kecamatan Way Serdang, Juara Kedua Kecamatan Mesuji dan Juara Ketiga Kecamatan Simpang Pematang.

Selain itu diraih pemenang dari kategori Tingkat SMA dan sederajat yang masing masing di raih Juara Pertama SMA Negeri Satu Tanjung Raya, Juara Kedua SMA Negeri Satu Simpang Pematang dan Juara Ketiga SMK Negeri Satu Simpang Pematang. Pada peserta di tingkat SMP di raih pemenang sebagai berikut, Juara Pertama SMP Swasta Islam Terpadu Daar El Fikri, Juara Kedua SMP Sebelas Mesuji dan Juara Ketiga SMP Satu Mesuji.

Di tingkat Sekolah Dasar dan sederajat di raih Pemenang Juara Pertama SD Negeri 9 Panca Jaya, Juara Kedua SD Negeri 8 Simpang Pematang dan Juara Ketiga SD Negeri 8 Rawa Jitu Utara. Selain itu pada kategori Drumband yang di Ikuti Oleh Beberapa Pelajar tingkat SMA dan SMK untuk pemenang juara pertama diraih SMA Swasta Islam Terpadu Daar El Fikri, Juara Kedua SMP/SMK Muhammadiyah dan Juara Ketiga SMP Negeri 2 Mesuji.

Selain Kegiatan Pawai Budaya juga di adakan kegiatan lomba memancing hasil kolaborasi antara Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji dengan Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia, Kegiatan tersebut di laksanakan di kolam pemancingan yang berada di komplek perkantoran Pemkab Mesuji, Desa Wiralaga Mulya, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, Rabu (16/08/2023).

Saking antusiasnya, tampak ribuan masyarakat peserta lomba memancing telah memadati kolam pemancingan yang berada di komplek Pemkab Mesuji sejak pukul 13.00 wib. Sementara perlombaan baru akan di mulai pukul 15.30 wib, Penjabat Bupati Mesuji Secara Simbolis membuka kegiatan Lomba Memancing tersebut di dampingi oleh Ketua TP PKK, Ketua DPRD, dan Forkopimda serta Kepala Perangkat Daerah se-Kabupaten Mesuji.

Baca Juga:  Teguh Santosa: Partai Demokrat Bukan Kaleng-kaleng, Ideal Dampingi Bobby Nasution

Dalam sambutannya Pj.Bupati Mesuji menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mensukseskan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke 78 Tahun 2023 ini.

“Semoga apa yang kita lakukan untuk mengisi peringatan hari kemerdekaan ini menjadi inspirasi dan motivasi kita semua untuk ‘bergerak bersama, maju semua’ membangun Kabupaten Mesuji lebih baik lagi,”kata Sulpakar.

Mohon doa kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mesuji mudah-mudahan semua langkah dan upaya yang kita lakukan untuk membangun Mesuji dengan program dari pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan kementerian diberikan kemudahan kelancaran sehingga dapat di laksanakan sampai dengan selesai tanpa ada kendala apapun.

Puncak kegiatan rangkaian Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 78 Tahun 2023 dilaksanakan di lapangan Pemkab Kabupaten Mesuji, Desa Wiralaga Mulya, Kecamatan Mesuji dengan menggelar Upacara Bendera di lapangan komplek Pemkab Mesuji, kamis (17/8/2023).

Dengan Inspektur Upacara Pengibaran Bendera Merah Pj.Bupati Mesuji Drs.Sulpakar, MM dan Tema Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun 2023 ” Terus Melaju Untuk Indonesia Maju ” Pakaian Adat Mewarnai Peringkat Upacara HUT RI Ke 78 yang di kenakan Ketua DPRD Mesuji, Ketua TP PKK Mesuji, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ketua IAD, Ketua Bhayangkari Mesuji, Ketua Persit Tulang Bawang/Mesuji, Ketua PKK Kecamatan dan Jajaran Ketua Dharmawanita Persatuan OPD se-Kabupaten Mesuji. ## Adv

Temukan berita-berita menarik Lintas Lampung di Google News
*Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

Berita Terkait

PB NU Panggil 5 Kader Muda Yang Menghadap Presiden Israel
Sehari Jelang UKW, JMSI Lampung Lakukan Penguatan
Kapolres Mesuji Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Krakatau 2024
Pj Gubernur Samsudin Tinjau Kantor Pusat Bank Lampung dan Kunjungi Kantor OJK Lampung
Plt. Kajati Lampung dan Ketua IAD Lakukan Anjangsana Purnajaya
Polres Tulang Bawang Tangkap Dua Bandar Narkoba, Diamankan BB Sabu 100 Gram Lebih
JMSI Lampung Gelar Uji Kompetensi Wartawan
Festival Recaka Dibuka, Seni dan Budaya Diharapkan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Berita Terkait

Selasa, 16 Juli 2024 - 12:49 WIB

PB NU Panggil 5 Kader Muda Yang Menghadap Presiden Israel

Selasa, 16 Juli 2024 - 11:08 WIB

Sehari Jelang UKW, JMSI Lampung Lakukan Penguatan

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:01 WIB

Kapolres Mesuji Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Krakatau 2024

Selasa, 16 Juli 2024 - 00:37 WIB

Pj Gubernur Samsudin Tinjau Kantor Pusat Bank Lampung dan Kunjungi Kantor OJK Lampung

Senin, 15 Juli 2024 - 16:56 WIB

Plt. Kajati Lampung dan Ketua IAD Lakukan Anjangsana Purnajaya

Minggu, 14 Juli 2024 - 10:37 WIB

JMSI Lampung Gelar Uji Kompetensi Wartawan

Minggu, 14 Juli 2024 - 07:24 WIB

Festival Recaka Dibuka, Seni dan Budaya Diharapkan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Sabtu, 13 Juli 2024 - 17:29 WIB

Tokoh Kedaton dan Langkapura Dukung Iqbal Ardiansyah jadi Walikota Bandar Lampung

Berita Terbaru

#CovidSelesai

PB NU Panggil 5 Kader Muda Yang Menghadap Presiden Israel

Selasa, 16 Jul 2024 - 12:49 WIB

#CovidSelesai

Sehari Jelang UKW, JMSI Lampung Lakukan Penguatan

Selasa, 16 Jul 2024 - 11:08 WIB

#CovidSelesai

Kapolres Mesuji Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Krakatau 2024

Selasa, 16 Jul 2024 - 09:01 WIB

#CovidSelesai

Plt. Kajati Lampung dan Ketua IAD Lakukan Anjangsana Purnajaya

Senin, 15 Jul 2024 - 16:56 WIB