Tempe/Net

Laporan: Anis/Heri
HARGA tempe makin meninggi akibat harga kedelai yang melonjak tajam bahkan sulit didapat dipasaran. Ini akibat fluktuasi harga internasional, khususnya di Amerika Serikat, yang merupakan salah satu produsen terbesar kedelai selain Brasil, Argentina, dan China. Pada 2020, harga kacang kedelai dalam negeri di tingkat konsumen masih sekitar Rp8.500 per kg, namun pada 2021 naik menjadi Rp9.500 hingga Rp10 ribu per kg. Kini harga kacang kedelai sudah berada di atas Rp11 ribu per kg.

Baca Juga:  Kisah Rahmat Syolichin Dirikan Usaha Tempe Al Amin, Ciptakan Lapangan Kerja Hingga Santri Sekolah Gratis

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) menstabilkan harga kacang kedelai. Hal itu untuk memberi ketenangan kepada masyarakat maupun pengrajin tahu dan tempe. “Tak bisa membiarkan masyarakat bertarung sendiri,” kata Gobel.

Dalam situasi sulit seperti ini, pemerintah hasrus sungguh-sungguh memikirkan rakyat, Bekerja lebih keras. Agar angka kemiskinan terus melambung. Masalah kacang kedelai, tambah Gobel, harus dicarikan solusi yang lebih permanen. Kementerian Pertanian harus bekerja keras agar Indonesia bisa berswasembada kacang kedelai.##

Temukan berita-berita menarik Lintas Lampung di Google News
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini