Ibu Riana Serahkan Bansos Program Yansos Jejama kepada Penyandang Disabilitas di Gading Rejo

Jumat, 10 Mei 2024 - 15:40 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Laporan: Melly
PRINGSEWU-Ketua Umum Perhimpunan Komunitas Disabilitas Lampung (PKDL) Ibu Riana Sari Arinal menyerahkan bantuan sosial dari program Pelayanan Sosial Jejaring Masyarakat (Yansos Jejama) kepada penyandang disabilitas, di Aula Kecamatan Gading Rejo, Pringsewu, Jum’at (10/5).

Adapun bantuan yang diberikan diantaranya 50 unit kursi roda, 10 tongkat kruk, 10 tongkat kaki tiga, 10 tongkat netra, dan 20 alat bantu dengar.

Ibu Riana menyampaikan bahwa kehadirannya dalam kegiatan ini untuk menyerahkan tanda sayang dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kepada para penerima, sebagaimana salah satu program kerja Gubernur Lampung yakni memberi perhatian kebutuhan dasar bagi masyarakat yang ada di provinsi Lampung dan pemenuhan hak-hak para penyandang disabilitas.

“Hari ini saya hadir di sini menyampaikan salam hangat dan salam sayang dari Bapak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kepada bapak ibu semua. Semoga program bantuan ini dapat diterima dengan baik dan dapat bermanfaat bagi bapak ibu semua,” ujar Ibu Riana.

“Inilah salah satu program unggulan dari 33 janji kerja Bapak Gubernur disamping program-program yang lain, artinya masyarakat yang memang membutuhkan bantuan-bantuan sosial baik itu dalam bentuk sembako maupun dalam bentuk alat-alat untuk meningkatkan kesejahteraannya, itu akan menjadi perhatian dan terutama kaum disabilitas,” ujarnya.

Lanjut, Ibu Riana juga berharap agar apa yang sudah kami lakukan ini bisa membawa keberkahan dan membawa kebahagiaan, setidaknya meringankan bagi Bapak Ibu semua.

“Saya juga sangat bersyukur mendapat amanah sebagai ketua PKDL. Karena apa? Karena anak-anak ini pun sebenarnya dengan keterbatasan mereka, kalau kita mendidik mereka dengan penuh kasih sayang dan ada tempat untuk menggali potensi yang ada pada mereka, insyaallah mereka punya bakat-bakat yang bisa dikembangkan bahkan yang bisa menjadi modal mereka untuk mandiri kelak,” ujarnya.

Baca Juga:  Alzier-Kemendagri Diminta Koordinasi soal Pelantikan Alzier

Secara khusus, Ibu Riana juga mengucapkan terima kasih kepada SDM PKH se-Kabupaten Pringsewu, LKS, TKSK, PSM, Karang Taruna, Tagana, Puskesos, dan pihak terkait lainnya.

“Para bapak ibu yang terlibat yang ikut membantu pemerintah dalam mendata maupun mendampingi keluarga-keluarga rentan dan kaum penyandang disabilitas ini sangat luar biasa sekali. Saya doakan semoga semua teman-teman sehat selalu, dalam lindungannya dan insyaallah akan mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT,” ujar Ibu Riana.

Dalam kesempatan yang sama, Pj. Bupati Pringsewu, Marindo, mengucapkan selamat datang di Kabupaten Pringsewu, khususnya kepada Ibu Riana Sari Arinal beserta rombongan dari Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Dinas Sosial Propinsi Lampung. “Saya yakin dan percaya kehadiran Ibu beserta rombongan hari ini, akan memberikan semangat sekaligus juga akan menambah energi positif bagi kami dalam mengemban amanah rakyat, yakni melaksanakan pengabdian, baik dalam bidang Pemerintahan dan Pembangunan,” ujar Marindo.

Salah satunya, pelayanan kepada masyarakat, para Difabel dan atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya sehingga mampu meningkatkan dan memperluas jangkauan kesejahteraan sosial secara lebih adil dan merata melalui kegiatan penyebaran informasi, deteksi dini, konsultasi maupun rujukan dengan melibatkan interdisipliner dan lintas sektoral.

Marindo menyampaikan bahwa salah satu upaya penanganan terhadap permasalahan sosial Penyandang Disabilitas dengan sistem luar panti yaitu melalui Kegiatan UPSK yang dilaksanakan dalam rangka menjangkau lokasi Penyandang Disabilitas atau Pemerlu Pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) lainnya sampai ke tingkat Kelurahan dan agar memperoleh pelayanan kesejahteraan sosial sedini mungkin.

“Disamping itu kegiatan ini diharapkan dapat mendorong dan merangsang semua unsur masyarakat agar aktif dalam penanganan Penyandang Disabilitas, dengan sasaran semua Penyandang Disabilitas yang mempunyai permasalahan sosial (Penyandang Disabilitas tubuh, netra, mental, rungu/wicara, bekas penderita penyakit kronis/kusta),” jelasnya.

Baca Juga:  Gubernur Senam “Lampung Berjaya” di Lampung Utara

Ia menuturkan dengan jalinan sinergitas dan dukungan serta kepercayaan dari semua pihak yang ada di Kabupaten Pringsewu termasuk dari Pemerintah Provinsi Lampung, telah cukup banyak upaya pelayanan dan bantuan sosial yang dapat dilaksanakan di Tahun 2024 ini, antara lain :

1. Program Keluarga Harapan (PKH), sejumlah 18.950 Keluarga Penerima Manfaat (KPM);

2. Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam bentuk sembako, sebanyak 32.803 KPM;

3. Penerima Bantuan Iuran-Kartu Indonesia Sehat (PBI-KIS) sebanyak 193.856 Penerima manfaat;

4. Program pemerintah di bidang sosial lainnya., seperti Atensi, Program Pena, Bantuan usaha ekonomi produktif, bantuan, program rehabillitaso sosial pada PPKS, BLT-DD yang tidak dapat saya sampaikan satu persatu.

“Untuk itulah saya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tulus kepada semua pihak, khususnya pada Ibu dan rombongan dari Propinsi Lampung yang telah memberikan dukungan, pendampingan dan tentunya bantuan materil dalam berbagai program pembangunan yang kami laksanakan,” jelas Marindo.

Kepada Para penerima bantuan hari ini, Marindo juga berharap, bantuan ini akan turut meringankan beban saudara-saudara dan manfaatkanlah dengan baik bantuan yang saudara-saudara terima ini. Tetaplah memotivasi diri dan keluarga kita untuk terus berusaha meningkatkan taraf hidup dimasa yang akan datang.

Sebelum pelaksanaan Yansos Jejama, Ibu Riana Sari Arinal terlebih dahulu memberikan bantuan berupa 100 paket sembako, dan 5 unit alat steam untuk warga Pekon Gadingrejo Timur, Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu.##

Temukan berita-berita menarik Lintas Lampung di Google News
*Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

Berita Terkait

Panglima TNI Kunjungi MUI Pusat
Tekab 308 Tuba Ungkap Curas Sadis, Pelaku dan Korban Saling Kenal
Bawa Pil Ekstasi, Pemuda Asal Banten di Tangkap Satresnarkoba Polres Mesuji
Camat Tumijajar : Toko Didik Tani Diharap Bermanfaat Buat Masyarakat
Panglima TNI-Panglima US Bahas Kerja Sama Militer
Samsudin Ditunjuk Jadi Pj Gubernur Lampung: Mohon Doa dan Siap Berkolaborasi
Aspirasi Masyarakat Terealisasi, BPD Apresiasi Kinerja Pemdes Aji Kagungan
Gasak HP dan Motor, NA cs Digelandang Ke Kantor Polisi

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 22:54 WIB

Panglima TNI Kunjungi MUI Pusat

Sabtu, 15 Juni 2024 - 22:40 WIB

Tekab 308 Tuba Ungkap Curas Sadis, Pelaku dan Korban Saling Kenal

Sabtu, 15 Juni 2024 - 22:33 WIB

Bawa Pil Ekstasi, Pemuda Asal Banten di Tangkap Satresnarkoba Polres Mesuji

Sabtu, 15 Juni 2024 - 22:16 WIB

Camat Tumijajar : Toko Didik Tani Diharap Bermanfaat Buat Masyarakat

Jumat, 14 Juni 2024 - 15:48 WIB

Samsudin Ditunjuk Jadi Pj Gubernur Lampung: Mohon Doa dan Siap Berkolaborasi

Jumat, 14 Juni 2024 - 12:54 WIB

Aspirasi Masyarakat Terealisasi, BPD Apresiasi Kinerja Pemdes Aji Kagungan

Jumat, 14 Juni 2024 - 11:36 WIB

Gasak HP dan Motor, NA cs Digelandang Ke Kantor Polisi

Jumat, 14 Juni 2024 - 11:33 WIB

Gelapkan Uang Singkong Senilai Ratusan Juta, TB Ditangkap Polisi

Berita Terbaru

#CovidSelesai

Panglima TNI Kunjungi MUI Pusat

Sabtu, 15 Jun 2024 - 22:54 WIB

#CovidSelesai

Tekab 308 Tuba Ungkap Curas Sadis, Pelaku dan Korban Saling Kenal

Sabtu, 15 Jun 2024 - 22:40 WIB

Lainnya

Musa Rajekshah Ketua MPW PP Sumatera Utara

Sabtu, 15 Jun 2024 - 22:31 WIB