BANDAR LAMPUNG – Dosen UIN Raden Intan Lampung Dr. Fathul Muin, mendorong setiap organisasi kemasyarakat untuk terlibat aktif dalam menyukseskan pemilu tahun 2024. Salah satunya dengan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Hal itu dikatakannya saat menjadi narasumber diskusi yang digelar KPU Bandar Lampung bersama perwakilan ormas se Bandar Lampung di Kafe Xo Stars Coffee, Rabu, (14/12/2022). “Ormas berperan penting dalam menyukseskan pemilu. Makanya harus mengambil peran dengan baik,” kata dia.

Sekretaris Hukum Tatanegara UIN Raden Intan Lampung tersebut menambahkan, pemilu kedepan harus disukseskan dengan konsep gotong royong. Bahwa Pemilu bukan hajatnya KPU dan Bawaslu semata, melainkan hajat bersama.

Sebab kata dia, dalam pembagian kekuasaan atau konsep trias politika, ada tiga kekuasaan besar dalam hampir disetiap Negara, yakni kekuasaan eksekutif, legislatif dan yudikatif. “Dua kekuasaan yakni eksekutif dan legislatif dipilih melalui pemilu. Makanya harus kita sukseskan bersama,” tegas peneliti dari Lampung Demokrasi Studies tersebut.

Baca Juga:  Alzier Nyoblos di Langkapura Bandarlampung

Fathul Muin menjelaskan, pemilu harus berproses dengan baik pula dan taat pada asas.Yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Kunci dalam kesuksesan pemilu ada di penyelenggara pemilu, partai politik, regulasi, dan pemilih. Ia menambahkan, kunci kesuksesan ini salah satu yang menjadikan sistem semakin baik. Namun, potensi berupa ancaman juga masih mengintai.

Narasumber lainnya, Prof. Erina Pane, menjelaskan, ormas memiliki peran yang sangat besar dalam Negara demokrasi bahkan menjadi salah satu pilar demi terwujudnya pembangunan yang adil dan berkelanjutan. Maka dari itu, dalam pemilu juga harus mengambil peran. “Ajak anggotanya untuk tidak golput. Beri masyarakat pendidikan pemilih yang baik,” ujarnya.

Komisioner KPU Kota Bandar Lampung, Ika Kartika, mengatakan, pihaknya sengaja mengajak perwakilan ormas untuk diskusi dan ngopi bareng. “Target kita partisipasi pemilih meningkat. Makanya ormas kita libatkan agar pemilu ini kita sukseskan secara bersama-sama,” kata Ika. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini