Laporan : Heri Suroyo

JAKARTA – Mabes Polri akan menerjunkan 144.392 personel untuk menjaga keamanan arus mudik di seluruh Indonesia. Selain itu, Polri juga akan melakukan pemberlakuan one way (satu arus) untuk mengurai kemacetan mulai pukul 17.00 WIB hari Kamis tanggal 28 April 2022 di Tol Jawa.

Penjelasan ini disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di dalam diskusi Dialektika Demokrasi dengan tema ‘Antisipasi Gangguan Keamanan Saat Mudik Lebaran’ di Media Center Parlemen, Gedung MPR/DPR/DPD RI, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/4).

Potensi kemacetan terjadi di jalur Merak, dan setelah Jakarta menuju Cikampek karena terjadi bottle neck penyempitan jalur jalan yang cuma 2 jalur,” kata Ramadhan.

Dari Jabotabek, ia memperkirakan pemudik mencapai jumlah 12 juta orang dari 85 juta pemudik se-Indonesia.

“Untuk antisipasi kemacetan pemudik sebaiknya menyediakan minuman dan makanan yang cukup, juga BBM dan E Tol dua kali dari top up biaya tol,” tambahnya.

Tak hanya itu, Ramadhan mengaku akan menerjunkan Intel Polri untuk menjaga keamanan bagi pemudik.Sedang untuk menjaga keamanan rumah yang ditinggalkan pemudik, Ramadhan minta dari RT, keamanan perumahan dan Binmas Polri agar mendata warga yang mudik serta patroli untuk menjaga rumah pemudik.

“Semua demi mencegah agar tidak terjadi gangguan keamanan,” kata dia.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR RI, Komjen (pur) Adang Darajatun meminta jajaran Polri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam pihak terkait untuk dapat menjaga susana batin dan emosional para pemudik.

“Bagaimanapun juga, emosional dari masyarakat yang ingin kembali atau datang berlebaran dengan saudara-saudaranya di daerah itu menjadi penting sekali,” kata mantan Wakapolri ini. ##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini