Laporan: Vira

Flu adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup sering dikeluhkan.

Tapi jangan khawatir, beberapa bahan alami di rumah bisa membantu mengatasi masalah kesehatan ini.

Berikut penjelasan lebih lanjut seputar obat flu alami, gejala flu, dan kapan perlu waspada dengan gangguan kesehatan ini.

Obat flu alami

Cara mengatasi flu secara alami bisa memanfaatkan beberapa bahan alami yang ada di rumah. Berikut beberapa obat flu alami yang praktis:

● Larutan garam

Dilansir dari WebMD, berkumur dengan campuran air garam bisa membantu meredakan gejala flu seperti tenggorokan gatal atau sakit.

Caranya cukup mudah. Campurkan setengah sendok garam yang dicampurkan dengan segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur empat kali sehari.

● Minuman hangat

Minum banyak cairan sangat penting saat flu kambuh. Anda bisa minuman hangat bisa membantu mengurangi gejala flu seperti hidung tersumbat, menenangkan saluran napas yang meradang, dan sesak napas ringan.

Saat flu melanda, coba konsumsi minuman hangat seperti wedang jahe, perasan sedikit lemon yang dicampur satu sendok madu, atau seduhan teh herbal tanpa kafein seperti chamomile.

● Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa membantu melembapkan saluran pernapasan bagian atas, sehingga rasanya lebih lega.

Cara mengatasi flu secara alami ini cukup mudah. Anda tinggal mandi air hangat di bawah pancuran selama beberapa saat, sembari hirup uap hangatnya perlahan-lahan.

Baca Juga:  HPN, Bamsoet Apresiasi Ditandatanganinya Publisher Right

● Balsam mentol

Mengoleskan balsam mentol di bawah hidung juga bisa mengatasi hidung tersumbat saat flu kambuh.

Anda bisa menggunakan balsam yang mengandung bahan aktif mentol, eucalyptus, atau kayu putih.

● Sup atau Kuah Kaldu

Jika Anda mencari obat flu alami yang rasanya lezat dan bisa menambah nafsu makan yang menurun ketika sakit, coba konsumsi sup atau masakan berbasis kuah kaldu.

Dilansir dari Healthline, kuah kaldu bisa membantu melonggarkan atau mengatasi hidung tersumbat. Asupan tinggi protein dan kalium ini juga bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh.

● Makanan tinggi zinc

Studi menunjukkan, zinc dapat membantu mengatasi flu dan meringankan gejala flu. Mineral ini penting untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Saat flu kambuh, Anda bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung banyak zinc seperti daging sapi, kerang, kacang-kacangan, buncis, susu, atau telur.

● Minyak esensial

Beberapa jenis minyak esensial atau atsiri juga dapat membantu mengatasi flu secara alami. Di antaranya minyak kayu manis, peppermint, kayu putih, lemon, dan thyme.

Perhatikan petunjuk pemakaian minyak esensial. Hindari langsung mengoleskan minyak ini ke kulit. Campurkan dulu dengan minyak pengencer seperti minyak zaitun.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, imbangi penggunaan obat flu alami dengan banyak istirahat dan mengonsumsi asupan bergizi.

Gejala flu >>

Temukan berita-berita menarik Lintas Lampung di Google News
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.
1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini