Laporan : Vini

Lotus root powder atau bubuk akar teratai merupakan salah satu produk olahan akar teratai. Makanan ini berbentuk serbuk, persis namanya. Cara mengolahnya adalah diseduh air dingin dan air panas.

Sama seperti akar teratai, bubuk akar teratai pun memiliki kandungan gizi yang menghasilkan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh.

“Berdasarkan beberapa penelitian, bubuk akar teratai memang tinggi antioksidan. Dilihat dari segi kalori, gula, dan lemak juga rendah. Makanya bisa dipertimbangkan sebagai makanan yang tinggi akan nutrisi atau zat gizi,” ujar ahli gizi Angel Jovi, S.Gz.

Baca Juga:  Kasus Karomani; Ini Tempat yang di Geledah KPK!

Sumber : kompas.com

Angel menjelaskan, setidaknya ada tiga manfaat mengonsumsi bubuk akar teratai untuk kesehatan, seperti berikut ini.

1. Membantu menormalkan kadar glukosa darah

Berdasarkan penelitian yang disampaikan Angel, mengonsumsi bubuk akar teratai dapat membantu membuat kadar glukosa darah menjadi normal.

“Karena by logic, ketika kita mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah gula juga pasti akan berpengaruh pada gula darah kita,” tutur Angel saat dihubungi Kompas.com, Jumat (16/9).

2. Membantu melancarkan pencernaan

Selanjutnya, Angel menyampaikan bahwa bubuk akar teratai dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan tekstur seduhan bubuk akar teratai yang mirip dengan gel sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan atau membersihkan usus.

Baca Juga:  Pemkab Mesuji, Santuni 462 Anak Yatim Tersebar Di Tujuh Kecamatan

3. Menurunkan berat badan

Tak sedikit yang sengaja mengonsumsi bubuk akar teratai sebagai makanan diet. Niat ini tak salah, sebab menurut Angel, bubuk akar teratai bisa saja membantu menurunkan berat badan.

“Karena kandungan seratnya cukup tinggi. Orang yang mengonsumsi bubuk akar teratai ini akan merasa kenyang lebih lama, dibandingkan dengan makan nasi putih dan telur ceplok,” jelasnya. ##

Sumber : kompas.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini