Laporan : Vini

BANDARLAMPUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, menjadi narasumber pada Acara Talkshow dengan Tema “Strategi Pemerintah Daerah Dalam Mempertahankan Zero Reported Case PMK,” melalui Virtual Meeting, yang dilaksanakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI bertempat di Ruang Command Center Lt.II Diskominfotik Provinsi Lampung, Rabu (16/11).

Strategi utama yang diterapkan oleh pemerintah memberikan dampak positif, hasilnya dapat dilihat dari angka hewan sembuh yang kian meningkat. Berdasarkan data Satgas PMK tanggal 15 November 2022, terdapat 10 dari 26 Provinsi yang sudah zero case atau sudah tidak melaporkan kasus. Diantaranya ada Provinsi Bali, Lampung, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Jakarta, Sulawesi Barat, Kepulauan Riau.

Baca Juga:  Malam Pergantian Tahun Baru 2023 di Lampung Aman

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto melaporkan secara singkat terkait data kasus pada 15 November 2022 kasus PMK Provinsi Lampung yang telah menular ke 12 Kabupaten/Kota, dari 15 Kabupaten/Kota 3 diantaranya tidak terdampak.

Total Kasus ada 1.987 ekor sakit, yang sembuh mencapai 93,3% dan yang potong bersyarat ada 91 ekor, mati 41 ekor. Kasus PMK terakhir di Provinsi Lampung 21 September 2022 di Kabupaten Lampung Tengah. Saat ini Lampung 16 November 2022 sudah dinyatakan zero case dan konsisten di zero artinya tidak timbul tenggelam.

“Strategi yang dilakukan diantaranya Biosecurity, potong bersyarat, pengobatan, vaksinasi serta testing. Untuk hewan yang sakit akan diberikan pengobatan, pemberian vitamin dan mengupayakan sesuai ketentuan, ” ujarnya.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini