Laporan : Heri Suroyo

JAKARTA – Ketua PBNU KH. Choirul Sholeh Rasyid bangga Menteri BUMN Erick Thohir beserta para tokoh muslim Indonesia lainnya masuk dalam daftar 500 tokoh muslim berpengaruh dunia. Hal itu menurutnya, menunjukkan posisi tokoh muslim Indonesia makin diperhitungkan dunia.

Selain Erick, terdapat nama Presiden Jokowi berada di urutan ke-13 dalam The Muslim 500 2023. Namanya berada tepat di atas Sheikh Dr Ahmad Muhammad Al-Tayyeb selaku Imam Besar Masjid Al-Azhar.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf juga masuk dalam Top 50. Gus Yahya, sapaannya, berada di posisi ke-19 di bawah Sultan Sokoto Amirul Mu’minin Sheikh As-Sultan Muhammadu Sa’adu Abubakar III.

“Bahwa ketokohan tokoh-tokoh muslim Indonesia semakin diakui oleh dunia. Komentar saya sangat bagus, itu pertanda bahwa tokoh-tokoh muslim dari Indonesia semakin diakui keberadaannya oleh dunia,” kata KH. Choirul Sholeh saat dihubungi, Kamis (3/11).

Khusus Erick Thohir, KH. Choirul Sholel mengakui sistem kerjanya karena dirinya menggunakan cara-cara dalam Islam, hingga di Kementerian BUMN mengutamakan akhlak dalam menjalankan tugas-tugas yang diamanahkan.

“Bagus sekali beliau itu karena memang sentuhan-sentuhan kerjanya menggunakan cara-cara yang menurut saya tentu cara Islami. Yang kedua yang diukur cara kerjanya, tema BUMN kan berakhlak, saya kira terjemahannya seperti apa, itu istilah yang dibangun oleh Pak Erik di dalam membuat tema besar dari BUMN,” ucapnya.

KH. Choirul Sholeh pun mengakui ditangani Erick Thohir BUMN berhasil ditransformasikan ke arah yang lebih baik, serta mengutamakan tanggungjawab, integritas dan etos kerja yang tinggi.

Lanjut KH. Choirul Sholeh, tanggung jawab dan keseriusan Erick Thohir dalam memimpin Kementerian BUMN mulai menuai hasil yang positif, yakni pendapat BUMN yang melampaui target dan membersihkan praktik-praktik korupsi dalam tubuh BUMN.

“Pak Erick melakukan itu dengan membangun sebuah transformasi dan nilai-nilai kerja kerja disesuaikan dengan nilai-nilai kerja korporasi,” ujarnya.

“Disiplin dengan tanggung jawab integritas etos kerja punya komitmen bahwa korporasinya untuk kepentingan ekonomi bangsa Pak Erick mewujudkan itu yang sungguh-sungguh diberi contoh keteladanannya. Banyak BUMN sekarang sudah berkembang di tangan Pak Erick,” jelasnya.

KH. Choirul Sholeh juga mengakui perhatian Erick Thohir yang juga anggota Ansor Banser NU itu kepada umat lewat program-program kesejahteraan masyarakat. Hal itu, kata KH. Choirul Sholeh adalah bentuk nyata perhatian dia kepada umat.

Baca Juga:  Klub Bola Kaki Dukung Erick Thohir-Ratu Tisha di PSSI

“Jadi yang saya tahu perhatiannya nyata dan berbuat nyata, baik dari sisi bagaimana meningkatkan UMKM, mendorong UMKM naik kelas, mendorong wiraswasta santri, dibangunnya usaha-usaha di basis-basis pondok pesantren itu kan nyata di bidang beliau ekonomi,” ungkapnya.

Menurutnya, kerja Erick Thohir tidak sekedar kata-kata tetapi lebih pada bertindak langsung ke masyarakat. “Beliau bekerja tidak hanya dengan kata-kata tapi juga karya nyata banyak contohnya mulai mendudukan UMKM. BUMN wajib belanjanya ke UMKM. UMKM itu siapa saja? umat rata-rata kan,” bebernya.

“UMKM kita itu kan rata-rata umat untuk menengah ke bawah itu kan otomatis 90% Mayoritas kan umat Islam. Penduduk Indonesia kan 90% umat Islam otomatis itu dengan mendorong UMKM juga, berarti mendorong ekonomi umat, pesantren-pesantren diberdayakan, wiraswasta didorong,” tutupnya.

Dikutip dari situs RISSC, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masuk dalam daftar pebisnis muslim. Ini merupakan kali pertama Erick berada dalam jajaran muslim paling berpengaruh di dunia.

Erick Thohir disebut sebagai menteri, pebinis, serta sejumlah aktivitas lainnya telah memberikan banyak kontribusi bagi lingkungannya.

“Erick Thohir adalah pebisnis dan politisi asal Indonesia yang kini mengabdi sebagai Menteri BUMN dan anggota International Olympic Committee (IOC, Komite Olimpiade Dunia). Dia mendirikan Mahaka Group, konglomerasi yang fokus pada olahraga dan media hiburan, cetak, radio, dan televisi,” ujar The Royal Islamic Strategic Studies Center, dikutip Kamis (3/11/2022).

Tidak hanya itu, Erick juga tercatat memiliki andil yang besar bagi dunia olahraga baik itu tingkat nasional maupun internasional.
“Dia juga memiliki sendiri dan berpartner dalam kepemilikan sejumlah klub sepak bola dan bola basket internasional. Dia juga merupakan Presiden asosiasi bola basket Asia Tenggara (Seaba),” tulisnya.

Dalam susunan daftar The World’s 500 Most Influential Muslim 2023 disebutkan bahwa publikasi ini bertujuan mengukur pengaruh beberapa orang Muslim dalam komunitas atau atas nama komunitas.

Pengaruh yang dimaksud adalah setiap orang dengan kekuatan membuat perubahan yang akan berdampak signifikan terhadap dunia Muslim atau umat Islam, baik itu berupa budaya, ideologi, keuangan, politik, atau lainnya. ##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini