6. Seafood

Beberapa jenis seafood, terutama udang, kerang, kepiting, ternyata punya manfaat untuk membantu menambah hemoglobin darah.
Mengonsumsi makanan laut sekitar 100 gram, sudah bisa memberi pasokan zat besi sekitar 28 miligram.

Meski bisa menambah kadar Hb, jumlah seafood yang dimakan tetap harus terkontrol agar tidak berlebihan. Amannya yaitu hanya boleh mengonsumsi sekitar 226 gram seafood dalam seminggu.

7. Kacang, biji-bijian, sereal
Kacang-kacangan seperti kacang merah dan kedelai bermanfaat penting dalam menambah kadar hemoglobin darah supaya tidak terjadi anemia. Kacang merah berukuran setengah cangkir, rata-rata mengandung 2 miligram zat besi. Tak hanya kacang-kacangan, biji-bijian dan sereal juga memiliki zat besi tinggi.

Contohnya biji wijen, biji labu, kuaci, sereal oat, whole grain cereal, bran cereal, sereal jelai, atau sereal organik.

8. Tomat
Buah tomat juga kaya manfaat. Kandungan vitamin C dan asam folat didalamnya dapat membantu meningkatkan sel darah merah.
Vitamin C pada tomat berperan dalam penyerapan zat besi, untuk melancarkan produksi sel darah merah. Selain bermanfaat menambah Hb, tomat diperkaya antioksidan untuk menyehatkan jantung, serta menjaga fungsi penglihatan.

9. Tahu
Tahu yang terbuat dari kacang kedelai ini memiliki jumlah zat besi cukup tinggi. Tahu seberat 126 gram menyediakan 2,4 miligram zat besi. Sekitar 2,4 miligram zat besi dari tahu setara dengan 19 persen. Jumlah tersebut sudah cukup untuk menyumbang asupan nutrisi harian ke dalam tubuh.

Zat besi tahu juga berguna dalam menambah hemoglobin tubuh. Selain itu, tahu termasuk makanan rendah kalori yang mengandung protein nabati.

10. Telur ayam
Selain dikenal kaya protein dan mineral, telur ayam juga merupakan sumber zat besi yang baik. Mengonsumsi satu butir telur ayam rebus matang sama dengan menyumbang 1 miligram zat besi bagi tubuh. Makanan untuk meningkatkan Hb ini juga dilengkapi nutrisi lain seperti karbohidrat, kalsium, vitamin B1, dan vitamin B2. ##
Sumber: cnnindonesia.com

1
2
3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini