Daun Jelatang (Sumber : Wikipedia)

Manfaat daun jelatang diperoleh setelah bagian ini diolah bersama batang dan akarnya menjadi obat herbal. Urtica dioica atau yang biasa dikenal dengan daun jelatang kerap kali nampak sebagai gulma di pekarangan.

Meskipun demikian, daun yang memiliki tekstur tajam di sisinya ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Sebelum pengobatan modern mulai berkembang, orang-orang pada zaman dahulu memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan sebagai pengobatan alami.

Khasiat obat-obatan alami bisa jadi sama ampuh dengan obat-obatan modern, lho. Salah satu tumbuhan yang banyak dimanfaatkan untuk obat alami yaitu daun jelatang.

Daun jelatang atau Urtica dioca telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak dahulu kala. Orang Mesir kuno menggunakan olahan daun ini untuk mengatasi radang sendi dan nyeri punggung. Selain dimasak, daun jelatang juga banyak diolah menjadi berbagai produk, misalnya krim atau salep oles untuk kulit, minyak esensial, suplemen, dan teh.

Baca Juga:  Armada Batubara Diduga Masih Berseliweran Hingga H-5 Lebaran, Warga Geram

Daun jelatang memiliki bentuk lebar di bagian tengah dengan rambut halus di permukaannya. Apabila tersentuh kulit, daun ini dapat menimbulkan rasa perih, panas, gatal, kemerahan, bahkan bengkak. Namun, jika sudah dikeringkan atau dimasak, daun ini bisa dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat kesehatan.(Sumber : viva.co.id)

Temukan berita-berita menarik Lintas Lampung di Google News
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.
1
2
3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini