Ilustrasi: Net

Laporan: Vira

Sedang viral di TikTok challenge makanan asal Jepang bernama natto. Banyak konten kreator di TikTok yang mencoba untuk memakan natto sambil menahan aroma yang kurang sedap dan rasanya yang khas.

Seperti yang terlihat di berbagai video, natto tampak memiliki tekstur yang lengket dan berlendir sehingga banyak orang yang enggan untuk mengonsumsinya. Padahal, makanan ini sangat populer di Jepang karena sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Natto merupakan kacang kedelai yang difermentasi menggunakan bakteri Bacillus Subtillis sehingga memiliki tekstur yang lengket dan berlendir. Hasil fermentasi tersebut menghasilkan aroma yang menyengat dan kurang sedap serta rasa yang pedas.

Beberapa orang enggan memakan natto karena aromanya disebut mirip seperti bau kentut dan beraroma busuk.

Di Jepang, natto umumnya disajikan dengan nasi yang dicampur dengan kecap asin, mustard, dan daun bawang, Perpaduan menu tersebut sangat digemari oleh masyarakat Jepang.

Melansir Healthline, natto mengandung tingkat nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Natto kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Proses fermentasi yang dialaminya mengurangi antinutrisi, meningkatkan senyawa tanaman yang bermanfaat dan membantu tubuh menyerap nutrisi yang dikandungnya secara lebih baik.

Baca Juga:  Penghujung Tahun 2023, Pemkab Mesuji Salurkan Berbagai Macam Bantuan Untuk Masyarakat di 7 Kecamatan 

Dari berbagai kandungan nutrisi tersebut, natto juga mengandung sejumlah kecil vitamin B6, folat dan asam Pantotenat, serta antioksidan dan senyawa lainnya yang bermanfaat.

Proses fermentasi kedelai menghasilkan pertumbuhan probiotik sehingga natto menjadi kaya gizi dan baik bagi tubuh.

Kandungan nutrisi dalam natto bermanfaat untuk kesehatan tulang, memperlancar kerja jantung, memperkuat imun tubuh, mengurangi resiko kanker, memperbaiki kesehatan otak, dan membantu menurunkan berat badan.

Bagaimana rasa natto?

Banyak konten kreator di TikTok yang membuat ekspresi kurang menyenangkan ketika membuka kemasan natto. Beberapa dari mereka juga enggan memakannya karena disebut memiliki aroma tidak sedap.

Rasa natto bervariasi tergantung pada proses fermentasinya. Namun, rasa natto sering kali dibandingkan dengan keju cottage asin dan daging bacon.

Namun, banyak yang tidak bisa mendeskripsikan rasa dan aroma natto secara tepat karena memang makanan yang satu ini sangat unik dan berbeda dengan makanan lainnya. ##

sumber: viva.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini