Laporan : Vini

Buah bit merupakan tumbuhan jenis akar-akaran yang dapat diolah menjadi beragam makanan dan minuman. Warna merah ranum pada buah bit pun kerap dijadikan sebagai pewarna alami untuk makanan. Salah satu makanan yang menggunakan buah bit sebagai bahan utama yaitu borsch, atau sup tradisional khas Ukraina.

Chef Asal Ukraina Yurii Kovryzhenko mengatakan bahwa keberadaan buah bit termasuk mudah ditemui di Ukraina, tidak seperti di Indonesia. Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menemukan buah bit di Indonesia.

Apabila kamu masih awam dengan buah bit dan bingung cara memilih buah bit yang benar, simak tips dari Yurii berikut ini.

1. Pilih yang masih bertandan

Dikutip dari laman The Washington Post, ada dua jenis buah bit yang biasa ditemui di pasaran, yakni buah bit yang masih bertandan dan buah bit yang sudah dipotong.

Sebaiknya pilih buah bit bertandan dengan bagian pangkal yang masih terdapat sayuran. Kamu bisa melihat kualitas kesegaran buah bit dari bentuk sayuran di panggal buah. Apabila sayuran yang menempel sudah nampak layu, maka kualitas kesegaran buah bit sudah menurun.

2. Pilih yang berukuran kecil

Meskipun buah bit berukuran besar nampak lebih menarik,  tetapi Yurii menyarankan sebaiknya pilih buah bit yang ukurannya kecil.

“Ambil yang ukurannya kecil, rasanya lebih juicy dan lebih manis,” kata Yurii saat ditemui oleh Kompas.com di The Westin Hotel Jakarta ada Sabtu (10/9).

Sebaliknya, buah bit yang ukurannya lebih besar punya tekstur keras, kering di bagian dalam, dan rasanya tidak terlalu manis. ##

Sumber : kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini