Laporan : Nara J Afkar 

MESUJI – Sekolah Menengah Atas SMAN 01 Simpang Pematang, melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022.

Dipimpin Kepala SMA Negeri 01 Simpang Pematang, M. Sururi, upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila berlangsung di lapangan sekolah setempat, Sabtu 1 Oktober 2022.

Sururi menjelaskan bahwa upacara peringatan kesaktian pancasila untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam aksi Gerakan 30 September 1945 oleh Partai Komunis Indonesia atau dikenal G30SPKI.

“Seperti yang kita ketahui, bahwa peristiwa G30SPKI merupakan peristiwa kelam yang pernah terjadi di Indonesia. Dimana insiden ini merupakan usaha PKI untuk mengubur ideologi Pancasila menjadi ideologi Komunis,”Kata Sururi.

Peringatan ini penting digelar, selain menanamkan wawasan Pancasila sebagai dasar negara juga untuk mengingatkan sejarah kelam Indonesia tersebut kepada para murid atau pelajar SMA Negeri 01 Tanjung Raya khususnya, dan seluruh pelajar se-Kabupaten Mesuji pada umumnya.

“Untuk itu, saya berpesan kepada para siswa agar lebih memahami butir-butir Pancasila sebagai dasar negara dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan selain itu, juga diingatkan bahwa jangan sampai mudah terpengaruh oleh faham radikal, seperti PKI dan faham faham lainnya yang bisa merusak dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia,”Tandasnya.##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini