Laporan: annisa

LAMPUNG UTARA – Polres Lampung Utara Polda Lampung melaksanakan Apel bersama Polisi RW dan warga perwakilan Mitra Polisi RW bertempat di lapangan Mapolres setempat pada Rabu 7/6.

Polisi RW merupakan program Kapolri yang menghadirkan polisi pada tiap-tiap RW untuk membangun interaksi positif, komunikatif dan konsisten antara polisi dan masyarakat.

Polisi RW hadir untuk melihat, mencatat, mendengar dan mencarikan solusi terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

Peserta apel terdiri dari para pejabat utama Polres, personil yang telah ditunjuk dalam kegiatan Polisi RW serta beberapa warga perwakilan Mitra Polisi RW

Bertindak selaku Pimpinan Apel, Kapolres Lampung Utara AKBP Kurniawan Ismail SH.SIK.MIK, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini sedang dikembangkan yang namanya Program Polisi RW.

Program ini harus dijalankan secara terkonsep, bukan hanya diberi judul polisi RW yang konsepnya tidak jelas, Polisi RW bukan berarti akan sepenuhnya berada di RW tapi hanya diwaktu-waktu tertentu hadir ke RW untuk berkomunikasi serta membahas permasalahan khususnya terkait dengan kamtibmas.

Tentu hal ini harus di organisir dengan baik tidak bisa dilepas begitu saja nanti hasilnya tidak maksimal. “ujar Kapolres

Polisi RW mengemban peran tugas berbeda dengan Bhabinkamtibmas, mereka ada tugasnya masing-masing, hal ini penting mengingat perlunya diperkuat jumlah anggota Polri untuk menyentuh sampai ke tingkat RW.

Anggota yang ditunjuk sebagai polisi RW nantinya akan hadir di RW-RW , kemudian berkomunikasi dengan masyarakat, para perangkat RW atau para tokoh yang ada, sehingga terjalin komunikasi yang baik antara Polisi RW dengan elemen masyarakat.

Baca Juga:  Kapolres Mesuji Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Krakatau 2023

Polisi RW akan mencatat data-data kriminalitas yang menjadi trend di lampung utara ini, kemudian di informasikan kepada masyarakat yang ada untuk menjadi perhatian bersama dan di waspadai.

Bila mana ada suatu permasalahan yang tidak bisa terselesaikan agar laporkan ke Polres, kalau terkait tindak pidana laporkan ke Kasat Reskrim atau Kasat Binmas jika permasalahan-permasalahan kecil.

Selain itu anggota Polisi RW juga melaksanakan kegiatan-kegiatan preventif seperti patroli, memberikan saran masukan terkait pemeliharaan kamtibmas, disini ada warga mitra polisi RW, diharapkan saling bekerja sama dan aktif dalam membantu.

Bahwa memang kita tidak bisa menghilangkan yang namanya kriminalitas karna ini sifatnya mengikuti perkembangan situasi dan zaman, tetapi setidaknya kita bisa menekan atau meminimalisir kejadian. “imbuh AKBP Kurniawan.

Nanti para pejabat utama Polres juga akan memberi masukan kepada polisi RW tentang tehnis apa yang dilakukan, misalnya terkait dokumentasi fhoto atau video terhadap orang-orang yang mencurigakan.

Selanjutnya, Kapolres AKBP Kurniawan mengatakan dirinya bersama PJU akan selalu memantau dan juga hadir di Pos-Pos Kamling, kita sampaikan bahwa pos kamling ini adalah Posnya polisi warga.

Semoga dengan program Polisi RW ini bersama-sama dengan warga, dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman. “pungkasnya ##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini