Laporan : Rudi Alfian

LAMPUNG UTARA – SMAN 4 Kotabumi gelar sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 48 tahun 2023 tentang Program Dual Track dengan menyerap kearifan lokal serta potensi sekolah di daerah.

Kepala SMAN 4 Kotabumi, Ratna Dewi mengatakan sosialisasi kepada para dewan guru tingkat lanjutan atas guna memberikan edukasi pada peserta didik yang nantinya akan memilih arah masa depannya usai kelulusan sekolah.

“Dual Track adalah program pengayaan dan penguatan kapasitas dan kompetensi bagi siswa SMA dalam bentuk kegiatan belajar mengajar regular dan kegiatan pembekalan keterampilan kewirausahaan dengan memanfaatkan kearifan lokal sesuai potensi sekolah dan potensi lingkungan,” terang Ratna, seusai kegiatan, Rabu, (21/02) kemarin.

Berdasarkan data, kata dia, masih banyak Siswa/siswi minatnya untuk melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi sungguh minim dikarenakan faktor ekonomi.

“Dengan adanya program Dual Truck ini bisa memberikan dampak positif terhadap siswa/siswi kami disini. Jadi ketika mereka sudah lulus mereka bisa mencari peluang pekerjaan,” kata dia.

Baca Juga:  Ketua Umum JMSI Terima Press Card Number One

Menurut dia, sebagai tenaga pendidik harus memberikan yang terbaik kepada peserta didik bukan hanya ilmu pengetahuan saja melainkan keterangan kewirausahaan sebagai bekal jika mereka lulus nanti. Hal ini sangat penting terutama siswa/siswi yang tidak bisa melanjutkan pendidikan nya ke jenjang lebih tinggi karena faktor ekonomi yang kurang memadai.

Sementara itu, Kepsek SMAN 1 Bukit Kemuning, Haidir Yusuf mewakili Ketua MKKS Bambang Nopriyadi menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut. Selain mendapatkan ilmu pengetahuan, siswa/siswi juga nanti akan diberikan pelatihan keterampilan kewirausahaan sehingga ketika lulus nanti bisa memberikan mafaat yang besar bagi mereka.

“Jika siswa/siswi sudah diberikan bekal kewirausahaan sejak masih mengenyam pendidika, diharapkan ketika lulus sekolah nanti, mereka bisa mencari peluang usaha secara mandiri,” tandasnya.##

Temukan berita-berita menarik Lintas Lampung di Google News
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.