Ilustrasi/Net

Laporan : Vini

Polusi udara sangat merugikan kesehatan, Polusi dapat menyebabkan kerusakan sejumlah organ vital seperti paru-paru, ginjal, jantung, hingga otak seperti dikutip dari cnnindonesia.com. Sayangnya, polusi udara kini jadi hal yang sulit dihindari. Di Jakarta, misalnya, tingkat polusi udara terbilang tinggi.

Namun demikian, ada beberapa makanan yang bisa mencegah dampak buruk dari polusi udara. Ahli gizi Pooa Makhija mengatakan bahwa beberapa makanan ini dapat membantu melindungi tubuh dari efek buruk menghirup racun udara.

Melansir Hindustan Times, berikut empat makanan yang dapat membantu memerangi efek polusi udara.

1. Brokoli

Makanan pertama yang mampu cegah efek berbahaya dari polusi udara adalah brokoli. Selain brokoli, sayuran silangan seperti kembang kol, pakcoy, dan kubis yang mengandung zat sulforaphane juga bisa membantu menghilangkan benzena dari tubuh.

Benzena adalah salah satu polutan udara tertinggi. Sayuran-sayuran tersebut juga kaya akan vitamin C dan beta karoten yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga:  Parpol di KIB Harus Pikirkan Coattail Effect Ekor Jas

2. Flaxseed

Flaxseed kaya akan senyawa fitoestrogen serta omega-3. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa tersebut dapat membantu mengurangi reaksi alergi pada pasien asma dan mengurangi efek kabut asap. Anda bisa memasukkan 2 sdm flaxseed ke dalam air dan minum larutannya setiap hari.

3. Buah amla

Buah amla kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mencegah kerusakan sel dan racun dari lingkungan. Buah ini bisa dicoba dengan menambahkannya ke segelas jus sayuran setiap hari.

4. Kunyit

Kunyit menjadi bahan makanan terakhir yang mampu mencegah penyakit yang disebabkan dari polusi udara. Ahli gizi merekomendasikan suplemen 500 miligram kurkumin, alih-alih menambahkan kunyit ke susu atau air.##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini