Fadel Optimis Pers Berjaya di Era Digital

Laporan : Heri Suroyo

JAKARTA – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Fadel Muhammad, menyampaikan harapan optimistis bahwa media massa nasional akan berjaya di era digital. Hal ini disampaikan Fadel Muhammad dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 9 Februari.

“Insan pers Indonesia telah mengarungi berbagai macam tantangan. Saya yakin dan optimis bahwa pers Indonesia bisa melewati tantangan disrupsi digital dan berjaya di era teknologi ini,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Selasa (8/2).

Disrupsi digital telah merambah ke seluruh sektor kehidupan, termasuk ke industri media massa. Digitalisasi telah mengubah kebiasaan dan perilaku masyarakat Indonesia dalam mengakses informasi. Pers Indonesia dituntut untuk beradaptasi terhadap perubahan perilaku masyarakat tersebut.

Fadel Muhammad mengatakan industri pers Tanah Air memiliki kompetensi dan kapabilitas untuk memanfaatkan teknologi digital dengan baik. Apalagi, industri pers nasional diisi oleh sumber daya manusia (SDM) unggul yang memiliki kemampuan untuk melakukan adaptasi dan digitalisasi.

“Pers Indonesia pasti bisa memanfaatkan peluang di era digital ini. Kuncinya, pers Indonesia berani untuk melakukan inovasi dan transformasi,” tuturnya.

Di era digital ini, ia mengharapkan media arus utama (media mainstream) bisa tetap menjadi penjernih informasi (clearing house). Ia mengatakan masyarakat Indonesia tengah menghadapi gempuran arus informasi sebagai dampak dari kemajuan teknologi informasi.

Baca Juga:  Anies Minta Pendukungnya Pilih Nasdem, PKB, PKS dan Ummat

Selain itu, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini berharap media arus utama tetap teguh memerangi kabar bohong dan hoaks yang banyak sekali berseliweran di media sosial (medsos).

“Media arus utama pasti menjadi tumpuan utama bangsa dan negara untuk menyajikan informasi yang akurat dan konten-konten yang mendidik bagi masyarakat,” ujarnya.

Terakhir, Founder sekaligus Komisaris Warta Ekonomi ini mengucapkan selamat hari pers nasional kepada seluruh insan pers di Indonesia.

“Sekali lagi, selamat Hari Pers Nasional 2022,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2022 ini peringatan Hari Pers Nasional dilangsungkan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Peringatan HPN 2022 di Kendari diisi oleh berbagai macam kegiatan seperti pameran potensi daerah, klinik penulisan kebudayaan, konvensi nasional media massa, hingga acara puncak HPN.

Puncak perayaan HPN 2022 dilakukan di pelataran Masjid Al-Alam pada 9 Februari 2022. Masjid yang menjadi landmark religi ini dianggap representasi dari masyarakat Sultra.##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini