BERBAGI

Laporan : Heri Suroyo
LOMBOK – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, serta Ketua DPR RI Puan Maharani menyaksikan secara langsung kejuaraan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dirinya bersyukur, berkat kerja keras pemerintahan Presiden Joko Widodo, penyelenggaraan MotoGP yang sudah dinantikan selama 25 tahun, akhirnya bisa sukses terselenggara.

Indonesia telah menjadi tuan rumah yang sangat baik dan memberikan kesan mendalam bagi para pembalap dan crew yang datang.

“Alhamdulillah. Walaupun sempat ditunda karena cuaca hujan lebat, namun tidak mengurangi semangat para penonton maupun pembalap. Rider Red Bull KTM, Miguel Oliveira, berhasil mencatatkan diri sebagai pemenang gelaran perdana Pertamina Grand Prix of Indonesia. Menjadi yang tercepat dalam 20 lap dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik. Disusul Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha, dan Johan Zarco dari Pramac Ducati,” ujar Bamsoet usai menyaksikan MotoGP, di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB, Minggu (20/3).

BACA JUGA  Seminar Nasional BPTP; Gubernur Janji Berjuang Maksimal  Membangun Lampung

Hadir dalam acara itu, selain Ketua DPR RI Puan Maharani juga hadir Menseskab Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Menteri Investasi &!BKPM Bahlil Lahadalia.

BACA JUGA  Ridho Dorong Pelabuhan Panjang Dongkrak Industri-Ekspor Lampung

Menuruynya kehadiran MotoGP di Indonesia juga telah membangkitkan kembali geliat olahraga otomotif di Tanah Air. Kehadiran para pembalap telah menginspirasi para generasi muda untuk tekun berlatih sehinggs kelak bisa mengejar prestasi yang telah ditorehkan para pembalap dunia tersebut.

“Selain pra pembalap, para teknisi dari berbagai klub balap Tanah Air juga diberikan kesempatan melihat lebih dekat aktifitas di paddock dari berbagai klub MotoGP. Sehingga turut memberikan inspirasi kepada mereka tentang bagaimana mengelola paddcok agar efisien dan efektif dalam mendukung performa pembalap. Kesempatan langka ini hanya bisa mereka dapatkan karena Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP,” jelas Bamsoet.

Bamsoet mengapresiasi masyarakat Lombok dan Indonesia yang telah memborong habis 60 ribu tiket menonton MotoGP. Memeriahkan kejuaraan bergengsi ini langsung dari arena sirkuit. Hotel dan jasa transportasi full boked.

BACA JUGA  Ini 17 Kepala Negara yang Hadiri Pelantikan Presiden dan Wapres

UMKM, jasa kuliner dan lainnya kebanjiran order. Menandakan bahwa MotoGP memberikan geliat multiplier effect economy yang luar biasa bagi masyarakat.

“Indonesia sudah mendapatkan kontrak 10 tahun dari Dorna Sports selaku promotor MotoGP, untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Sehingga para pecinta balap tidak perlu khawatir. Kejuaraan MotoGP 2022 di Mandalika bukanlah yang pertama dan terakhir. Melainkan menjadi gerbang pembuka yang menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia telah sejajar dengan negara-negara besar dunia lainnya,” jelas Bamsoet. ##

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here