Cacar Monyet-Ilustrasi

Laporan: Heri Suroyo/Anis
BERAGAM penyakit terus bermunculan ditengah situasi krisis pasca pandemi Covid-19. Meredanya Covid-19 kemudian disusul dengan Omicro, kini virus Hendra dan cacar monyet muncul kian menakutakan.

Dalam minggu belakangan virus Hendra dan cacar monyet terus menghantui IOndonesia. Meski demikian, Kementerian Kesehatan RI mengaku mengikuti perkembangan penyakit menular yang bermunculan di dunia. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI Dante Saksono mengatakan perlu dilakukan penguatan fungsi pengawasan (surveillance) dan karantina di tengah masyarakat.
Rapat bersama Komisi IX DPR RI, Wamenkes mendeskripsikan virus Hendra dan cacar monyet sebagai emerging disease. Penyakit tersebut bersumber dari hewan yang kemudian virus-nya beradaptasi menginfeksi manusia. Untuk kasus cacar monyet sendiri, menurut Wamenkes Dante, sampai saat ini masih belum ditemukan kasusnya di Indonesia.

Baca Juga:  Lukas Enembe (Alm) Dibawa Ke Jayapura

Untuk menghadapi ancaman emerging disease, Dante mengatakan pemerintah berusaha memperkuat fungsi pengawasan dan karantina lewat konsep One Health. Salah satu contohnya dengan memantau populasi hewan untuk mengenali potensi penyakit yang bisa menjadi pandemi berikutnya.##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini