Berhasil Tekan Inflasi Di Mesuji, Sulpakar Di Undang Ke Istana

Jumat, 1 September 2023 - 09:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Laporan : Nara J Afkar 

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Mesuji Sukses masuk Nominasi Empat Besar Daerah di wilayah Pulau Sumatera yang mampu mengendalikan Inflasi Tahun 2022. Atas keberhasilan ini, Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Drs.Sulpakar.MM., di undang untuk menghadiri Acara Rakornas Pengendalian Inflasi Yang di laksanakan di Istana Negara, (31/08).

Seperti pada tahun sebelumnya, beberapa Daerah akan mendapatkan TPID Award dari Presiden Republik Indonesia sebagai apresiasi terhadap langkah-langkah Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia dalam menangani Inflasi.

Untuk Penghargaan dibagi per kawasan di wilayah Indonesia, untuk di Sumatera sendiri di level provinsi ada tiga Gubernur yang diundang untuk menghadiri yaitu Gubernur Lampung, Gubernur Bangka Belitung, dan Gubernur Sumatera Barat. Sedangkan untuk kota yang di undang Walikota Metro dan Walikota Palembang.

Sementara untuk kabupaten di undang empat Bupati untuk menghadiri yaitu Kabupaten Mesuji, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.

Dalam sambutannya, Kepala Negara mengapresiasi kinerja Tim Pengendalian Inflasi baik di tingkat pusat maupun daerah di seluruh Indonesia yang telah berhasil mengendalikan Inflasi Nasional di angka 3,08 persen pada bulan Juli tahun 2023.

“Ini sebuah angka yang sangat baik, kita bisa mengendalikan harga barang dan jasa. Angka tersebut tentunya dapat di capai berkat langkah-langkah dan kebijakan yang diambil Pemerintah,”Kata Presiden.

Baca Juga:  Polres Mesuji Gelar Press Release Hasil Ungkap Ops Sikat Krakatau 2024

Pada kesempatan yang sama Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, menyampaikan ucapan terimakasih kasih kepada seluruh Kepala Daerah di tanah air dan semua pihak yang telah berusaha dengan segala upaya untuk mengendalikan Inflasi di Daerah nya masing-masing.

“Sehingga Inflasi masuk dalam target APBN yaitu 3 ℅ plus minus 1 % adapun secara spasial dan lima belas Daerah di atas nasional,”terang Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyerahkan penghargaan kepada lima belas penerima Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award Sebagai Berikut : TPID Kab/Kota Berprestasi 2022 Wilayah Sumatera, Kabupaten Tanah Datar, Wilayah Jawa – Bali, Kabupaten Tasikmalaya, Wilayah Kalimantan Kabupaten Landak, Wilayah Sulawesi Kabupaten Minahasa, Wilayah Nusa Tenggara-Maluku-Papua Kabupaten Sabu Raijua.

Sedangkan untuk Kota di wilayah Sumatera, yakni Kota Palembang, Wilayah Jawa-Bali Banyuwangi, Wilayah Kalimantan Kota Tarakan, Wilayah Sulawesi Kabupaten Bone, Wilayah Nusa Tenggara-Maluku-Papua Kota Kupang, sedangkan untuk Provinsi Wilayah Sumatera Provinsi Bengkulu, Wilayah Jawa-Bali Provinsi DKI Jakarta, Wilayah Kalimantan Provinsi Kalimantan Selatan, Wilayah Sulawesi Provinsi Sulawesi Selatan dan Wilayah Nusa Tenggara -Maluku-Papua adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rakornas juga di gelar secara hybrid di seluruh Kabupaten Kota dan Provinsi di seluruh Indonesia Tema Rakornas tahun ini adalah ” Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan ” Dan di inisiasi Tim Pengendalian Inflasi Pusat ( TPIP ) serta di dukung 542 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Baca Juga:  Kapolres Mesuji Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 22 Personelnya

Usai menghadiri Rakornas, Sulpakar, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mesuji. Ini adalah capaian luar biasa yang mampu kita raih dan kita capai. Meskipun saat ini belum menjadi yang terbaik, tapi setidaknya dengan masuk empat besar kabupaten di wilayah sumatera ini adalah sudah menjadi capaian yang luar biasa.

“Kita sudah berbuat semaksimal mungkin untuk menekan angka Inflasi di Mesuji. Dimana semua elemen bergerak bersama, maju semua untuk saling bahu-membahu mengendalikan angka inflasi di Mesuji. Mudah-mudahan dengan capaian yang kita raih di tahun ini menjadi spirit dan motivasi untuk bisa bekerja lebih maksimal dan semangat untuk mengendalikan angka inflasi di Mesuji di tahun yang akan datang,”tutup Sulpakar.

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju nampak hadir dalam agenda Tahunan Nasional tersebut antara lain, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Mendagri Tito Karnavian, Menkeu Sri Mulyani, Mendag Zulkifli Hasan, Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Menhub Budi Karya Sumadi, hadir pula Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.##

Temukan berita-berita menarik Lintas Lampung di Google News
*Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

Berita Terkait

Gegara Bakar Sampah, Bocah 6 Tahun di Lampung Utara Alami Patah Tulang Diduga Dianiaya Kerabat Korban
Suprapto Sebut Jika Prabowo Presiden, RMD Gubernur, Mesuji Bisa Melompat Jauh Lebih Maju
Fadli Zon Perjuangkan Isu Tani di Forum Parlemen ASEAN
Defenitif, Afrizal Ketua DPW Persadin dan Syarifudin Direktur LBH Persadin NTB
Pj Gubernur Lampung Buka Peran Saka
PT Indomarco Adi Prima Sampaikan Permohonan Maaf, Tepung Terigu Berulat Sudah Diretur dan Bakal Dimusnahkan
Hamzah Haz Berpulang Ke Rahmatullah
Partai Gelora Resmi Dukung Pasangan John Tabo-Ones Pahabol di Pilgub Papua Pegunungan

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 19:17 WIB

Gegara Bakar Sampah, Bocah 6 Tahun di Lampung Utara Alami Patah Tulang Diduga Dianiaya Kerabat Korban

Rabu, 24 Juli 2024 - 16:07 WIB

Suprapto Sebut Jika Prabowo Presiden, RMD Gubernur, Mesuji Bisa Melompat Jauh Lebih Maju

Rabu, 24 Juli 2024 - 15:16 WIB

Fadli Zon Perjuangkan Isu Tani di Forum Parlemen ASEAN

Rabu, 24 Juli 2024 - 15:12 WIB

Defenitif, Afrizal Ketua DPW Persadin dan Syarifudin Direktur LBH Persadin NTB

Rabu, 24 Juli 2024 - 15:10 WIB

Pj Gubernur Lampung Buka Peran Saka

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:28 WIB

Hamzah Haz Berpulang Ke Rahmatullah

Rabu, 24 Juli 2024 - 10:16 WIB

Partai Gelora Resmi Dukung Pasangan John Tabo-Ones Pahabol di Pilgub Papua Pegunungan

Rabu, 24 Juli 2024 - 10:12 WIB

Bawaslu Minta Penguatan Bukti Tangani Pelanggaran Pilkada Serentak

Berita Terbaru

#CovidSelesai

Fadli Zon Perjuangkan Isu Tani di Forum Parlemen ASEAN

Rabu, 24 Jul 2024 - 15:16 WIB

#CovidSelesai

Pj Gubernur Lampung Buka Peran Saka

Rabu, 24 Jul 2024 - 15:10 WIB