Laporan : Vina

Bandar Lampung – Asam urat tinggi harus segera diobati agar tidak semakin parah. Ini 4 minuman berbahan alami yang efektif menurunkan asam urat tinggi.

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun.

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki.

Penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan.

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi.

Penderita asam urat juga bisa minum obat herbal untuk mengobati penyakitnya. Obat herbal dianggap sedikit memiliki efek samping dan lebih aman dikonsumsi.

Berikut minuman herbal yang bisa membantu menurunkan asam urat tinggi.

1. Lemon dan kunyit

Lemon dan kunyit, dua bahan alami yang bermanfaat menurunkan asam urat tinggi. Campuran kunyit dan lemon bisa membantu menurunkan asam urat tinggi. Dengan catatan, mengonsumsinya secara rutin dan sesuai takaran.   Untuk membuat ramuan herbal penurun asam urat tinggi tersebut cukup mudah. Campurkan air perasan lemon (setengah buah) ke dalam air hangat. Kemudian  tambahkan dua sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok teh cuka apel. Aduk rata, minum ramuan tersebut dua sampai tiga kali sehari.

2. Jahe dan mentimun

Mentimun dan jahe efektif menurunkan asam urat tinggi.   Asal tahu saja, mentimun bersifat diuretik alias peluruh kencing yang berperan untuk membuang kelebihan asam urat.  Sedangkan jahe memiliki sifat antiinflamasi yang bisa meredakan nyeri asam urat.   Untuk merasakan manfaatnya, siapkan jahe 7 ons, mentimun 1 buah, seledri 2 batang, lemon setengah buah, dan secangkir air. Cuci semua bahan lalu potong mentimun dan seledri menjadi potongan kecil. Setelah itu, peras air lemon lalu masukkan semua bahan ke dalam blender. Blender semua bahan sampai halus. Minum jus mentimun jahe tersebut pada pagi hari setelah sarapan.

Baca Juga:  91 Kali Beraksi, Polresta Ringkus 7 Pelaku Spesialis Curanmor

3. Nanas dan jahe

Nanas mengandung bromelain yang bisa menghambat protein penyebab bertambahnya asam urat.  Selain itu, nanas juga memiliki sifat antiinflamansi alias anti peradangan.  Jahe juga memiliki efek farmakologis antiinflamansi.  Kandungan dalam madu dipercaya juga bisa menurunkan asam urat tinggi.  Berikut resep membuat ramuan nanas, jahe, dan madu yang dikutip dari Tribunnews.com.   Bahan   Buah nanas segar 1 buah   Jahe segar 2,5 cm  Kunyit bubuk 1-2 sendok teh   Jus ceri hitam 1 cangkir   Madu   Jus seledri 1 cangkir  Cara membuat. Kupas lalu iris nanas menjadi bagian kecil-kecil, kemudian blender sampai halus. Tambahkan jus ceri hitam, jus seledri, jahe, kunyit, dan madu secukupnya.  aduk sampai rata kemudian simpan di dalam botol kaca dan masukkan ke dalam kulkas. Minum secara rutin sampai 10 hari.

4. Air jeruk nipis

Campuran sari jeruk nipis dengan segelas air efektif menurunkan asam urat tinggi. Dengan catatan, minum air jeruk nipis tersebut dua kali sehari secara rutin.##

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini