Laporan : Nara J Afkar

MESUJI – Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Kesehatan terus berupaya melakukan terobosan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat. Salah satu terobosan terbarunya adalah Gerakan Rombongan Pemeriksaan Kesehatan di Sekolah (GERBONG PESEK) yang dilaksanakan tingkat Puskesmas.

Salah satu Puskesmas yang menjalankan inovasi GERBONG PESEK ini yakni, Puskesmas Adi Luhur. Dibawah kepemimpinan Hepy Nisesa, S.ST, Puskesmas yang terletak di Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji ini, terus meningkatkan capaian Standar Pelayanan Minimum (SPM) di semester II dengan sasaran 10 program.

“Ini inovasi terbaru kita namanya GERBONG PESEK, yang mana tujuan program ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dengan sasaran para pelajar mulai tingkat SD sampai SMA termasuk dewan guru ikut terlibat,” ujar Kapuskes Adi Luhur, Hepy Nisesa.

Inovasi program terbaru dibidang kesehatan ini sendiri, didasari dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi nomor 7 tahun 2021 tentang kompetisi inovasi pelayanan publik dilingkungan Kementerian/Lembaga Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD.

“Dalam pelaksanaan program ini, kami telah melakukan 10 rangkaian kegiatan, salah satunya yaitu penyuluhan dan Scrining Kusta atau FRAMBUSIA pada anak pelajar kelas 4 dan 6 SD, dan pemeriksaan tempat-tempat umum di sekolah seperti Kantin dan kamar mandi dalam dan luar sekolah,” tambah Hepy.

Diketahui program GERBONG PESEK merupakan serangkaian kegiatan inovasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan memperkenalkan budaya hidup sehat di lingkungan pendidikan yang di gelar sejak bulan Agustus sampai September ini.##

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini