BERBAGI

Laporan : Romy/ Fath/ Atr

WAY KANAN – Pemkab Way Kanan menargetkan komoditas kopi robusta putri malu go internasional. Mereka optimistis kopi daerah itu mampu menembus pasar dunia.

Wakil Bupati Way Kanan, Edward Antony mengatakan, dengan citara rasa dan olahan yang baik, kopi putri malu akan dikenal luas tidak hanya secara nasional melainkan internasional. “Saya mau agar kopi robusta khas Way Kanan ini bisa mendunia,” kata Edward di Blambangan Umpu, Rabu (6/2).

BACA JUGA  Stand Pemkab Waykanan Suguhkan Kopi Putri Malu Gratis

Menurutnya, untuk mewujudkannya harus memiliki tim khusus yang menangani ini semua, baik pemilihan bibit, pemilihan biji kopi, budidaya, pengembangan, pemberian pupuk, pengeolahan dan pemilihan SDM juga sangat mempengaruhi hasil kopi tersebut.

Selain itu, harus ada tim pemasaran di lapangaan yang handal, untuk bisa mempromosikan ke tingkat para penjual dan penikmat kopi, bahwa kopi robusta putri malu Waykanan memiliki perbedaan baik dari segi rasa dan wanginya. “Sudah ada langkah – langkah yang kita putuskan untuk dipersiapkan dan dilaksanakan oleh SKPD terkait,”katanya

BACA JUGA  Usai Olahraga, Bolehkah Langsung Minum Kopi?

Edward menjelaskan, bukan perkara mudah untuk bisa menjaga kualitas dan kuantitas sebuah kopi, harus ada komitmen bersama untuk meningkatkan hasil produksi kopi petik merah, dan bisa diolah menjadi kopi yang memiliki harga jual tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here