BERBAGI

Laporan: Vona/Reuters
BEBERAPA wilayah di Los Angeles bisa diguyur hujan hingga 13 cm akibat badai Pasifik itu. Ratusan warga California diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka, saat hujan akibat badai besar Pasifik memicu risiko tanah longsor di wilayah yang sebelumnya dilanda kebakaran lahan.

Saat ini, badai itu melintas ke wilayah pesisir akibat aliran gelombang lembap atmosfer yang dijuluki “Pineapple Express.” Badai paling basah yang melanda California di musim dingin kali ini diperkirakan akan menerjang pada Kamis waktu setempat. Badai itu sebelumnya telah menyebabkan banjir dari Arizona hingga Washington.

Warga Lake Elsinore, 90 km di sebelah timur Los Angeles mendapat perintah mengungsi dari wilayah sisi bukit di dekatnya yang berisiko diterjang banjir lumpur dan puing-puing yang bisa menyapu rumah dan mobil.

“Hujannya akan cepat dan deras,” kata Bob Orave, ahli meteorologi Pusat Prakiraan Cuaca NWS di College Park, Maryland, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/2).

“Aliran puing-puing dan lumpur rentan terjadi di wilayah yang sebelumnya dilanda kebakaran lahan. Tidak ada vegetasi di wilayah itu yang mampu menghambat aliran air,” imbuh Orave.

California utara menjadi wilayah yang paling parah diduguyur hujan. Hujan yang ditiup angin berkecepatan hingga 120 km per jam mengguyur sebagian wilayah perkebunan anggur di Sonoma County.[*]

Di San Fransisco, banyak mobil terpaksa melintasi jalanan yang terendam banjir, sementara di Santa Cruz ketinggian banjir mencapai pinggang orang dewasa.hun dilanda kekeringan.[*]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here