BERBAGI

Laporan : Narto/Ilham/CJ
REMBANG – TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Reguler ke 103 TA. 2018 Kodim 0720/Rembang, telah secara resmi oleh Wakil Gubernur Jateng (KH. Taj Yasin Maemoen) di lapangan Desa Kemadu Kec. Sulang Kab. Rembang Propinsi Jawa Tenga, (15/10).

Kedatangan Wagub Jateng tersebut disambut dengan tari Gambyong yang diperagakan oleh siswi-siswi SMAN 1 Kecamatan Sulang Asuhan Ibu utari Guru SMAN 1 Sulang.
Tari gambyong adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari daerah Surakarta, Jawa Tengah.

Tari ini dipertunjukkan pada saat upacara panen dan hendak akan menanam padi. Masyarakat percaya tarian ini untuk memanggil Dewi Sri atau Dewi Padi agar ia memberikan berkah kepada sawah mereka dengan hasil panen yang maksimal.

Namun tarian ini di pertunjukkan untuk menyambut kedatangan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen yang akan membuka kegiatan upacara pembukaan TMMD regular ke 103 tahun 2018 yang berkaitan dengan kemakmuran rakyat setempat.

Para penari gambyong juga selalu menggunakan selendang sebagai pelengkap kostum tarian mereka. Selendang yang digunakan bewarna kuning ini menurut pengasuhnya warna kuning melambangkan kekayaan dan hijau sebagai lambang kesuburan.

Para penari ini juga dirias dengan cantik supaya terlihat lebih mempesona ketika menarikan tarian gambyong ini. Selain itu, para penari dihias oleh beragam aksesoris seperti: Gelungan, sampur, kemben, stagen, jarit, gelang, dan kalung.

Secara terpisah Komandan Kodim 0720/Rembang Letnan Kolonel Arh Andi Sulistianto S.Sos. mengucapkan terima kasih kepada kelompok-kelompok seni yang mau ikut memeriahkan pelaksanaan upacara pembukaan TMMD, karena tanpa dimintapun mereka mau ikut memberi dukungan moril kepada Satgas kami dilapangan.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here