Laporan: Makmur/Vona

BANDAR LAMPUNG -Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim minta Dinas perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung mendorong generasi muda Lampung untuk membudayakan literasi dengan berkunjung langsung ke perpustakaan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Chusnunia usai menyimak paparan dari Kepala Dinas perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ferynia, di Ruang Kerja Wakil Gubernur Lampung, Bandarlampung, Sabtu (12/10).

Wagub Chusnunia menjelaskan bahwa Dinas Perpustakaan dam Kearsipan harus dapat membuat anak-anak muda Lampung senang dan membudayakan untuk ke perpustakaan.

“Kita harus membudayakan literasi kepada generasi muda Lampung, salah satunya dengan berkunjung langsung ke perpustakaan. Oleh karena itu kita harus membuat program untuk dapat menarik generasi muda Lampung untuk tertarik datang ke perpustakaan,” jelas Wagub.

BACA JUGA  Selamat! RSUDAM Jadi Kelas A

Wagub menilai banyak cara agar generasi muda tertarik. Salah satunya dengan menggandeng musisi untuk tampil di perpustakaan. “Kita juga bisa mengadakan lomba secara online untuk generasi muda,” ujar Wagub Nunik.

Dalam membudayakan literasi, lanjut Wagub, bisa juga dengan menerapkan mobil keliling perpustakaan.

“Mobil keliling ini harus banyak mengisi buku yang diminati generasi muda Lampung. Selain itu, kita juga bisa mengadakan rumah baca untuk menarik minat dalam generasi muda,” jelasnya.

BACA JUGA  Boytenjuri Dijadwalkan Sholat Ied Di Lapangan Korem-Lakukan Open House

Dalam kesempatan itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ferynia memaparkan sejumlah inovasi dan terobosan di tahun 2020, di antaranya peningkatan perpustakaan berbasis IT melalui system E-Lampung di mana masyarakat akan dengan mudah mengakses layanan perpustakaan.

Juga mendukung kegiatan smart village dengan meningkatkan literasi internet dan layanan perpustakaan bagi warga desa, mendukung kegiatan smart school dengan pemnfaatan IT untuk meningkatkan kualitas pendidikan, serta peningkatan pelayanan arsip berbasis IT melalui kegiatan arsip online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here