BERBAGI

Laporan: Heri Suroyo
JAKARTA-Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan tata kelola sekolah harus dibenahi untuk mencegah korupsi di lingkungan sekolah. Signal KPK Bidik sekolahan?

“Banyak hal yang harus dibenahi termasuk tata sekolah. Guru yang memberikan bimbingan belajar kepada murid, kemudian memberikan nilai lebih karena ikut les itu juga sebenarnya tidak boleh, karena ada konflik kepentingan disitu,” ujar Agus di Jakarta, Selasa (8/1).

BACA JUGA  Ngadu Ke KPK, Cukup Telp 198

Begitu juga dengan pemberian hadiah kepada guru pada saat pengambilan rapor yang termasuk bagian dari gratifikasi. Hal seperti itu perlu dihindari untuk mencegah praktik korupsi di lingkungan pendidikan.

KPK dan Kemendikbud melakukan kerja sama terutama dalam pemantauan penggunaan anggaran pendidikan baik di pusat dan daerah.

BACA JUGA  KPK Apresiasi Gubernur Ridho Berhasil Tingkatkan Renaksi Pencegahan Korupsi Di Provinsi Lampung Hingga 92 Persen

“Sejak desentralisasi ini, Kemendikbud kesulitan melakukan pengawasan di daerah karena tidak mempunyai perpanjangan tangan lagi,” jelas dia lagi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya juga akan memberikan pendidikan antikorupsi di sekolah.[*]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here