BERBAGI

Laporan : Ilham Prayogi /Akt
JAKARTA – Olahraga memakan banyak energi tubuh. Wajar jika Anda merasa lemas dan letih setelah melakukan aktivitas fisik ini. Selain minuman isotonik, mungkin beberapa orang ada yang terbesit untuk menikmati secangkir kopi. Kok bisa? Ya, kopi dikenal dengan sifatnya yang stimulan, yang membuat Anda lebih waspada. Namun, bolehkah minum kopi setelah olahraga? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Setelah olahraga, banyak orang yang sengaja makan, minum minuman isotonik, atau tidur untuk meningkatkan kembali stamina tubuhnya. Ada juga yang sengaja minum kopi untuk mendapatkan manfaat yang sama. Namun, bolehkah Anda minum kopi boleh dilakukan setelah olahraga? Kita-kira bagaimana efeknya pada tubuh?

BACA JUGA  (First Look) Samsung Galaxy A90 5G Bawa Triple Kamera

Sebuah studi yang diterbitkan secara online pada Journal of Applied Physiology melaporkan bahwa kopi dapat membantu Anda lebih cepat pulih dari kelelahan setelah olahraga. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa atlet yang mengonsumsi kafein sekaligus karbohidrat memiliki glikogen besar 66% lebih cepat dibanding atlet yang hanya mengonsumsi karbohidrat saja.

Saat olahraga, tubuh menggunakan glukosa (gula dalam darah) sebagai energi. Saat glukosa habis, maka tubuh akan menggunakan glikogen, yaitu glukosa yang disimpan otot sebagai cadangan. Jika kedua sumber energi ini habis, tubuh akan menjadi lemas dan lelah.

BACA JUGA  Apple Rilis Macbook Pro Harga Lebih Ekonomis

Untuk mengembalikan energi yang hilang, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Sayangnya, tubuh perlu waktu untuk mengolah karbohidrat menjadi energi. Agar lebih cepat, kafein pada kopi bisa membantu meningkatkan proses penyerapan karbohidrat menjadi energi dan meningkatkan aktivitas beberapa enzim yang berperan dalam pembentukan glikogen.

Meski minum kopi setelah olahraga itu dibolehkan, bukan berarti Anda bisa minum kopi sesuka hati. Kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya hanya pelengkap saja. Anda tetap butuh makanan sebagai sumber pembangun energi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here