BERBAGI

Laporan : Vona/Ilham/Atr
TULANGBAWANG BARAT – Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Lampung, Umar Ahmad, melantik dua kepalo tiyuh di wilayah utara, yaitu Tiyuh Indraloka I dan Indraloka II Kecamatan Way Kenanga, Selasa (15/1).

Umar mengatakan, sebagai pemimpin informal, kepalo tiyuh harus menyatu dalam sistem sosial budaya masyarakat setempat, yang berarti pula harus dapat menyelami adat istiadat yang dianut masyarakat.

“Saya yakin, dengan berbekal rasa kebersamaan di antara seluruh unsur dan komponen yang ada di tiyuh, maka akan semakin maju dan berkembang sebagaimana yang kita harapkan,” kata bupati.

Sebagai pemimpin formal, lanjut Umar, kepalo tiyuh harus mampu menyelenggarakan manajemen pemerintahan dan pembangunan yang modern, aspiratif, transparan, efektif dan efisien.

BACA JUGA  Bupati Tinjau Persiapan MTQ Provinsi Lampung Ke-47

“Saya juga mengajak para kepalo tiyuh agar menjaga nilai-nilai kedisiplinan, etika, dan moral, serta selalu mengacu pada tatanan sosial umum yang berlaku. Kepalo tiyuh juga harus berpenampilan baik, rapi dan bersih, sehingga punya wibawa dan akan dihargai serta diteladani masyarakat,” ujarnya.

Kepalo tiyuh harus rajin turun ke lapangan. Pastikan semua pelayanan program dan kegiatan tepat sasaran, karena hal ini akan berpengaruh besar ke tingkat kepercayaan masyarakat pada kinerjanya.

“Semakin baik pelayanan yang diberikan, maka kepercayaan masyarakat juga akan meningkat. Jika kepercayaan masyarakat baik, seorang kepalo tiyuh akan lebih mudah menggerakkan swadaya dan semangat gotong royong warga, untuk mewujudkan konsep membangun tiyuh,” paparnya.

BACA JUGA  KUDAMAS Hadir Di Lokasi 4G Plus Baru SMAN 2 Tumijajar

Diharapkan agar bekerja secara profesional, dengan dedikasi dan loyalitas yang sepenuhnya bagi kemakmuran masyarakat dan kemajuan tiyuh, tanpa memandang aspek apapun.

Layani masyarakat dengan sepenuh hati dan setulus hati, meskipun tetap harus mengedepankan sikap penuh kehati-hatian.

“Saya mengharapkan untuk selalu memusyawarahkan dengan masyarakat dan lembaga-lembaga di tiyuh, termasuk dalam pelaksanaan program pembangunan pemberdayaan masyarakat tiyuh,” kata Umar.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here