BERBAGI

Laporan : Heri Suroyo
JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU), hari ini, telah menentukan moderator debat capres kedua yang akan diselenggarakan pada 17 Februari 2019 mendatang.

Ketua KPU, Arief Budiman sebelumnya mengatakan, finalisasi penentuan nama moderator diputuskan dalam rapat bersama kedua tim pemenangan capres-cawapres di Gedung KPU, hari ini, Jumat (25/1).

Arief menyatakan, sejumlah hal yang harus dipersiapkan untuk debat capres kedua tersebut dibahas dalam rapat hari ini. Salah satunya ialah penetapan moderator debat. Setelah berdiskusi dengan kedua perwakilan tim pemenangan capres-cawapres yakni Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, KPU menetapkan Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki menjadi moderator debat.

BACA JUGA  Tidak Semua TV Siarkan Debat Capres

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, KPU wajib untuk mendapat persetujuan tim kampanye capres-cawapres sebelum menetapkan nama moderator.

“Kami sepakati Moderatornya, kami tetap menggunakan pola dua moderator, pertama Tommy Tjokro, kedua Anisha Dasuki,” kata Arief  Budiman.

Kedua moderator yakni Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki merupakan jurnalis sekaligus presenter TV. Saat ini, mereka sama-sama menjalankan tugas di stasiun televisi Inews TV.

BACA JUGA  Alumninya Saling Dukung, Kampus Diminta Berani Gelar Debat Capres

Debat kedua pilpres akan digelar pada hari Minggu, 17 Februari 2019. Peserta debat kali ini adalah calon presiden, sedangkan calon wakil presiden tidak diwajibkan untuk hadir. Tema yang dibahas dalam debat adalah energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta dan disiarkan Empat stasiun televisi, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here