BERBAGI

Laporan : Narto/Ilham/CJ
REMBANG – Sebanyak 150 prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Penugasan (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 Kodim 0720/Rembang, yang selama satu bulan tinggal menetap bersama masyarakat, benar-benar sudah menyatu dengan warga setempat. Sebanyak 150 prajurit Satgas yang tersebar di sejumlah Dukuh Ngotoko, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang sudah ibarat hidup ditengah keluarga sendiri.

Hal ini dibuktikan dengan seluruh prajurit yang saban malam ikut giliran jatah ronda malam bersama warga. Tak pelak, dengan keikutsertaan prajurit Satgas TMMD Kodim 0720/Rembang dalam ronda malam, masyarakat semakain merasakan tenang, nyaman dan damai menikmati istirahatnya.

Seperti yang dilakukan prajurit Satgas TMMD di Dukuh Ngotoko , Desa Pasedan. Setiap malam sebanyak 3-5 orang prajurit Satgas turut ronda dan patroli keliling bersama warga. Prajurit Satgas TMMD dan warga yang jatah ronda berjalan gang sempit sembari mengawasi keadaan lingkungan. Senin(29/10).

Dengan adanya ronda malam, bukan warga saja yang merasakan aman, namun lebih dari itu, warga yang jatah ronda pun nampak lebih bersemangat. Suasana pos ronda yang sebelumnya sepi-sepi saja, sejak kehadiran prajurit Satgas TMMD Kodim 0720/Rembang, kini terasa lebih hidup, ramai dan tidak sepi. Bahkan, beberapa pemuda dusun pun saban malam turut datang di pos ronda, bercanda dan bercengkerama bersama.

“Kami warga Pasedan sangat senang, bapak-bapak tentara selama tinggal di dukuh kami ikut menemani kami ronda malam. Warga merasa lebih tenang dan merasa jauh lebih aman. Suasana pos ronda pun lebih rame,” kata Siswoyo (40) warga Pasedan.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here