BERBAGI

Laporan : Ilham prayogi /Akt
JAKARTA – Bagi kebanyakan orang, memiliki saudara kandung sama saja seperti tinggal seatap dengan musuh bebuyutan. Apalagi jika beda umur antara kakak dan adiknya tidak terpaut begitu jauh. Selalu ada saja yang diributkan, mulai dari hal yang sepele seperti rebutan baju sampai yang serius seperti saingan prestasi akademik di sekolah. Pertengkaran sesama saudara memang tidak dapat dihindari, tapi di sinilah peran orangtua dibutuhkan sebagai penengah.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat orangtua ikut agar hubungan kakak adik di rumah menjadi lebih akur dan hangat. Bahkan sebuah penelitian terbaru dari Society for Research in Child Development melaporkan bahwa hubungan kakak adik yang kuat akan saling membantu mengembangkan empati keduanya, dilansir dari Science Daily.

BACA JUGA  NU’EST W Resmi Berakhir, NU’EST Akan Jalani Promosi Tahun Depan

Tips untuk orangtua menguatkan hubungan kakak adik agar lebih akur di rumah

1. Jangan membandingkan
Walaupun bersaudara, minat dan kemampuan masing-masing anak bisa berbeda — bahkan anak kembar sekalipun. Si kakak jago matematika dan IPA, misalnya, sementara si adik lebih suka musik dan olahraga. Mungkin Anda berpikiran bahwa jago main alat musik belum tentu dapat menjamin masa depannya, sehingga Anda tanpa sadar jadi membandingkan si kakak yang cerdas dan selalu juara kelas dengan adiknya.

BACA JUGA  Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Radang Usus Buntu, Yuk Simak

Niat Anda mungkin hanya untuk menyemangati si adik supaya lebih rajin belajar. Akan tetapi, membandingkan kemampuan anak yang satu dengan lainnya bukan cara yang tepat untuk menguatkan hubungan kakak adik. Membandingkan bisa membangun persaingan yang tidak sehat, kecemburuan, dan rasa iri dengki pada keduanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here