BERBAGI

Laporan: Ricky Nugraha/Ilham
BENCANA gempa dan tsunami belum lama ini dialami oleh saudara-saudara kita yang berada di Lampung dan Banten. Kejadian ini tentu menimbulkan kesedihan dan duka bagi seluruh masyarakat, terutama mereka yang mengalami sendiri atau memiliki keluarga yang berada di sana.

Nggak jarang kesedihan yang dirasakan tersebut dapat berubah menjadi trauma mendalam yang membuat mereka terus terngiang akan bencana tersebut.

Bahkan jika dibiarkan terlalu lama, hal tersebut dapat menimbulkan dampak yang cukup buruk bagi kejiwaan seseorang.

Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk teman-teman yang mengalami trauma atas bencana gempa dan tsunami kemarin. Berikut di antaranya.

1. Menjaga kesadaran

Kalo kita mengetahui ada sesorang yang mengalami trauma, atau hal tersebut terjadi pada diri kita sendiri, usahakan untuk tetap menjaga kesadaran untuk tetap stabil.

BACA JUGA  Ratusan Warga Pulau Sebesi Mengungsi Ke Gunung

Hal in akan menciptakan rasa aman, dengan begitu individu tersebut akan mulai merasa nyaman dan mengurangi rasa tertekan, bahkan ketakutan akan bayangan trauma yang pernah dialaminya.

2. Berbagi cerita kepada orang lain

Jika kita sendiri yang mengalaminya, maka sebaiknya kita mencari orang yang tepat untuk mendengarkan apa yang kita rasakan agar nggak memendam kesedihan secara berlarut-larut.

Begitu pula jika terjadi dengan orang lain, apabila ia nampak sedih berlarut-larut, bujuklah agar mau bercerita, namun nggak harus memaksakan.

Dengan begitu, orang yang mengalami trauma akan merasa nyaman seperti sedang bersama dengan teman atau keluarga dekatnya. Akan lebih baik juga jika bercerita ke orang yang lebih berpengalaman seperti psikolog.

BACA JUGA  Innalilahi... Pelawak Aa Jimmy Wafat Akibat Tsunami

3. Bangun kepercayaan diri

Setelah berbagi cerita ke orang yang tepat, individu yang mengalami trauma dapat diarahkan untuk mengikhlaskan apa yang sudah dilewatinya dengan hati yang lapang.

Tahapan ini memang cukup sulit, secara hal tersebut bagi beberapa orang nggak akan mudah untuk dilupakan.

Namun jika dilakukan dengan perlahan, hal ini dapat mengembalikan kepercayaan diri seseorang untuk kembali menjalani kehidupan yang lebih baik kedepannya.

Nah, itu tadi beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi trauma yang mungkin dialami setelah peristiwa tsunami lalu. Semoga dapat membantu.[*]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here