BERBAGI
illustrasi

Laporan : Ilham/Heri/CJ
Sabun antiseptik dipercaya sebagai pilihan utama untuk membersihkan tubuh. Sabun jenis ini dianggap mampu membunuh kuman, jadi tidak sedikit yang menggunakannya setiap hari.

Tapi tahukah Anda, ternyata sabun antiseptik tidak melulu baik. Jika dipakai setiap hari, sabun ini juga bisa membuat kulit menjadi kering dan mengurangi kelembapan kulit yang akhirnya merusak lapisan kulit terluar.

“Semua orang mikir badan kotor habis keringetan, habis dari luar rumah kotor. Pulang ke rumah pakai sabun antiseptik. Kenapa mandi pakai antiseptik? Pasti karena iklan. Apa dampaknya? Bikin kulit kering,” ujar Dr. Susie Rendra, Sp.KK dalam acara diskusi ‘Kulit Sehat di Usia Senja’ oleh RS Pondok Indah Group di Jakarta Selatan, Kamis (12/9) seperti dilanasir suara.com.

Dr. Susie tidak menampik jika kulit tetap membutuhkan antiseptik, tapi hebatnya, tanpa sabun antiseptik sekalipun pada dasarnya kulit sudah memiliki antibakterial alami. Meski begitu, sabun antiseptik tetap direkomendasikan jika benar-benar dibutuhkan, asalkan tidak setiap hari.

BACA JUGA  Suzuki Wagon R Listrik Harga Rp137 juta

Yang berbahaya, saat kulit kering dan lapisan kulit luar rusak, maka iritasi, alergi, dan gatal akan mudah menyerang. Belum lagi kebiasaan anak muda menyukai sabun dan wangi-wangian yang tak lain adalah bahan kimia, hal ini akan semakin memperparah keadaan kulit kering.

BACA JUGA  Ini Alasan Kenapa Makanan Manis Bikin Nagih

“Kalau makin tua, kita pakai baju mengandung pewangi gatal. Kenapa sabun pewangi terlalu gatal? Karena pewangi sifatnya ke arah basa, sedangkan kulit kita asam, jadi tambah kering tambah iritasi,” jelasnya

Tidak hanya itu, mandi menggunakan air hangat juga semakin merusak kulit. Penyebabnya, lagi-lagi karena air hangat membuat kulit semakin kering, karena menguras kandungan minyak yang ada di tubuh.

“Pada saat masih muda, mulailah berubah mandi air bersuhu normal, mulai kebiasaan baik sejak muda,” tutupnya.[*]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here