BERBAGI

Laporan : Heri Suroyo

JAKARTA – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendukung langkah Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, yang meminta pemerintah daerah (pemda) untuk mengiventarisir peraturan daerah (perda), yang bisa menghambat masuknya investasi.

Senator Jawa Timur itu mengingatkan agar pemda peka terhadap regulasi dan birokrasi yang tidak relevan dengan kemudahan investasi di daerah.

BACA JUGA  Pasar Global, Memantik Kualitas Lokal

“Pemerintah daerah harus memilah perda-perda untuk berbagai kepentingan pembangunan daerah, termasuk perda yang kurang relevan dengan semangat investasi,” ungkap LaNyalla, Minggu (2/5). Ditambahkannya investasi sangat diperlukan untuk membangun daerah. Namun investor akan sulit masuk apabila regulasi yang ada di daerah bertele-tele dan menyulitkan.

BACA JUGA  Helicity untuk Keperluan Mendesak

“Investor akan mempertimbangkan berbagai faktor sebelum berinvestasi. Kalau kemudahan berusaha dan kepastian hukum tidak didapat akibat regulasi yang kusut, investor akan lari,” ucapnya. Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur ini juga mendorong pemda agar seirama dengan pemerintah pusat untuk membuka keran investasi selebar-lebarnya melalui regulasi yang bersahabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here