BERBAGI

JAKARTA – Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno mendesak Pemerintah melakukan sidak ke beberapa sentra pangan dan pasar untuk memantau ketersediaan pangan selama Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini agar tak ada spekulasi harga yang berkembang di pasaran dan menyulitkan para konsumen.

“Komisi VI meminta pemerintah khususnya kepada Satgas Pangan, selama Ramadhan dan jelang lebaran terus melakukan sidak dan pengawasan sekaligus memonitor di sentra-sentra pangan dan pasar induk tentang ketersediaan pangan ini, agar harga tidak dispekulasikan.” tegasnya dalam Rapat Paripurna DPR RI di Gedung DPR , Jakarta, Kamis (31/5)

BACA JUGA  Ini Harga Sembako Di Bandarlampung

Teguh menjelaskan Komisi VI ikut memantau ketersediaan pangan tersebut. Biasanya jelang lebaran, komoditas pangan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat terus melonjak harganya karena tingginya permintaan. Bila harga terlalu tinggi, tentu akan timbulkan kepanikan di tegah masyarakat.

Menurutnya pihaknya sudah turun memantau ketersediaan pangan ini ke Makasar, Medan, Lampung dan Banten.

“Sejauh ini, kita lihat kesiapan pemerintah untuk lebaran tahun ini cukup baik. Kita harapkan tidak terjadi spekulasi harga,” kata Politisi PAN ini.

BACA JUGA  Pasmur Antisipasi Gejolak Harga

Teguh menambahkan operasi pasar diperlukan untuk menjaga stabilitas pangan terutama di daerah-daerah yang bukan sentra produksi kebutuhan pokok.

Operasi pasar ini, katanya, sangat membantu kelompok masyarakat kelas bawah untuk mendapatkan harga kebutuhan pokok yang murah. Seperti diketahui, saat ini masyarakat kelas bawah sedang menghadapi problem perekonomian yang cukup berat.

“Ada perlambatan perekonomian di akar rumput,” pungkas Teguh.[heri/lintas]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here