Laporan: Sahladin Pendim

SUBANG- Dalam acara penyambutan Pangdam III/Slw, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.IP.,M.M., beserta rombongan pada rangkaian acara penutupan kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Kodim 0605/Subang dimeriahkan dengan pagelaran tarian khas Jawa Barat yaitu berupa tarian Lengser dan Sisingaan. Rabu pagi (29/07/2020)

Pertunjukkan Tarian Lengser dan Sisingaan yang menjadi kebanggan daerah tersebut menjadi salah satuicon kesenian tradisi Kabupaten Subang sebagai upaya melestarikan kelestarian budaya lokal.

BACA JUGA  Truk Memecah Keheningan Bukit Jimat Siliwangi

Tarian Lengser menggambarkan kegembiraan, sehingga dibawakan oleh para penari yang seluruhnya perempuan muda (mojang priangan) berbalut busana penuh warna dalam nuansa ceria.

Komandan Kodim 0605/Subang selaku Dansatgas TMMD Ke-108, Letkol Arh Edi Maryono menuturkan, Tradisi Sisingaan dan tarian Lengser merupakan salah satu tradisi kesenian yang berasal dari daerah Jawa Barat yang biasanya digelar di acara-acara hajatan masyarakat Subang, namun kali ini kita gelar untuk menyambut tamu kehormatan.

BACA JUGA  Operator Alat Berat Taklukkan Medan Berat

“Sisingaan dan Tarian Lengser kali ini berbeda dengan yang biasa masayarakat Subang lakukan kebanyakan dipakai pada saat hajatan saja, namun kali ini kita pakai untuk mendaulat Tamu Kehormatan dalam hal ini Pangdam III/Slw beserta Rombongan,” tutur Letkol Edi.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here