Laporan : Rudi Alfian

LAMPUNG UTARA – Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun 2020 telah dimulai, Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang mana kegiatan serupa dilakukan secara tatap muka. Tahun ini Perhelatan acara PKN dilaksanakan melalui daring, para peserta perwakilan daerah masing-masing mengunggah video kegiatan pertunjukan melalui laman YouTube dengan nama akun ‘Budaya Saya’ yang merupakan akun resmi Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud RI.

Kabupaten Lampung Utara menjadi salah satu peserta yang ikut andil dalam menyemarakkan Perhelatan even tahunan tersebut, bahkan Kabupaten Lampura yang dikenal dengan julukan Tanah Lado adalah satu-satunya perwakilan untuk provinsi Lampung yang dipercaya mengikuti kegiatan tersebut.

BACA JUGA  Dharma Wanita Silaturahmi ke Pemkab Lampura

Kepala bidang (Kabid) Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampura, Nani Rahayu, saat ditemui di Lokasi pengambilan Video, tepatnya di desa Bumi Agung, Kecamatan Abung Timur, Jum’at, (09/10) mengatakan pihaknya mengangkat seni tari kreasi dengan judul ‘Tari Tibak’ yang dibawakan oleh anak-anak penggiat seni dari sanggar Cangget Budaya.

BACA JUGA  Kadisdag Rapidtest, Hasilnya Non-Reaktif

Ia juga menjelaskan filosofi dari ‘tari tibak’ yang dilahirkan dari kebiasaan kaum perempuan suku Lampung pada zaman dahulu yang selalu menggunakan daun pisang untuk membungkus makanan tradisional, berteduh dari terik matahari saat di kebun, bahkan berlindung dari hujan menggunakan daun pisang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here